BRI Dinobatkan sebagai Bank Persero Berkinerja Terbaik di Ajang Penghargaan BIA 2024

saranginews.com, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapat pengakuan atas kinerja positif dan berkelanjutannya.

BRI meraih Business Indonesia Award (BIA) 2024 sebagai perusahaan dengan kinerja terbaik kategori Bank Persero.

Baca Juga: Konsisten Atasi Permasalahan Sampah, BRI Raih Penghargaan Platinum di BISRA Awards 2024

Mengusung tema Agility in Uncertainty, BIA 2024 menekankan pentingnya kemampuan beradaptasi dan inovasi dalam menghadapi ketidakpastian.

Topik ini sangat relevan dengan kondisi dunia usaha dalam lima tahun terakhir, ketika perusahaan harus beradaptasi dengan cepat dan efisien agar dapat bertahan dan berkembang.

Baca Juga: Rating Sustainalytics BRI Terus Membaik Berkat Manajemen Risiko ESG yang Kuat

Diselenggarakan di Jakarta pada pertengahan Juni 2024, ajang BIA merupakan program tahunan sebagai bentuk penghargaan kepada korporasi khususnya yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Dalam penghargaan tersebut, Business Indonesia Award 2024 memberikan penghargaan kepada perusahaan dengan kinerja terbaik dari berbagai kategori industri, yaitu 39 kategori emiten non bank dan 7 kategori perbankan. Pemenang dipilih berdasarkan penilaian independen oleh para profesional bisnis, pasar modal, dan keuangan yang berpengalaman.

Baca Juga: Product Development Conference 2024, BRI Ungkap Perjalanan Transformasi Digital

Atas pencapaian tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan penghargaan tersebut dipersembahkan kepada seluruh insan BRI atau pekerja BRI.

Pihaknya sangat mengapresiasi insan Brillian yang telah memberikan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Penghargaan ini diperoleh atas kontribusi dan kerja keras orang-orang hebat sehingga kinerja BRI dapat tumbuh lebih berkelanjutan, kata Sunarso dalam keterangan resmi, Selasa (7 September).

Ditegaskannya, BRI terus melakukan inovasi dan transformasi secara berkelanjutan untuk menjadi bank dengan jaringan luas di Indonesia.

Dari segi kinerja, BRI mampu membukukan laba Rp 15,98 triliun hingga akhir kuartal I 2024.

Perseroan berhasil melunasi pinjaman sebesar Rp1.308,65 triliun atau tumbuh dua digit year-on-year (YoY) sebesar 10,89 persen.

Dari kredit yang disalurkan tersebut, 83,25 persen atau Rp1.089,41 triliun merupakan portofolio kredit segmen UKM.

Pertumbuhan pembayaran pinjaman sebesar dua digit mempengaruhi pertumbuhan aset perseroan, dimana aset BRI mencapai Rp1.989,07 triliun atau meningkat secara year-on-year sebesar 9,11 persen.

Secara rinci, seluruh segmen pinjaman BRI mencatatkan pertumbuhan positif, segmen mikro mencatat pertumbuhan year-on-year sebesar 10,51 persen menjadi Rp622,61 triliun, segmen konsumer mencatat pertumbuhan year-on-year sebesar 11,62 persen menjadi Rp193,96 triliun, segmen usaha kecil dan menengah mencatat pertumbuhan sebesar 8,5 triliun hingga 706 persen. Segmen korporasi tumbuh 15,10 persen year-on-year menjadi Rp 219,24 triliun.

“Ke depan, BRI tetap optimis di tengah kondisi perekonomian global yang masih diselimuti ketidakpastian,” kata Sunarso.

Ia mengatakan, perseroan memiliki optimisme yang baik dalam mengarungi lingkungan bisnis pada tahun 2024 karena BRI memiliki landasan yang kuat. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *