Pasangan Johannes Rettob dan Emanuel Kemong Layak Memimpin Kabupaten Mimika

saranginews.com, Jakarta – Tinggal sekitar sepuluh minggu lagi peninjauan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Mimika untuk Pilkada 2024.

Hanya sedikit orang yang merasa siap untuk melanjutkan kompetisi ini.

Baca Juga: Rayakan 57 Tahun, PTFI Gelar Operasi Katarak Gratis di Mimika.

Johannes Rettob dan Emanuel Kemong dinilai menjadi calon paling siap jelang Pilkada Mimica 2024.

Johannes Rettob diperkirakan akan berpasangan dengan Emanuel Kemong.

BACA JUGA: Jaksa KPK akan mengeksekusi Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Keduanya dinilai cocok untuk dicalonkan pada Pilkada Mimika. Hal ini tak lepas dari sejarah luar biasa keduanya.

Johannes Rettob memiliki latar belakang pendidikan yang baik dan telah membuktikan dirinya sebagai pegawai negeri sipil yang berpihak pada rakyat.

BACA JUGA: Perlawanan Ditangkap, Anggota KKB Tewas Ditembak

Fajri Noch, alumnus Lemhannas angkatan 2016 yang kini menjabat Ketua Umum Generasi Muda Kosgoro, mengatakan John Rettob adalah pilihan ideal.

“Kita semua tahu bahwa pilkada merupakan amanah konstitusi sebagai salah satu cara untuk melahirkan pemimpin yang amanah, transparan, bersih dan sejalan dengan kehendak rakyat” Saat ini, dari sudut pandang kami, pasangan Jon dan Emmanuel membawa kesejahteraan di masyarakat. Masyarakat Mimika,” kata Fajri yang juga mantan Sekjen KNPI Papua.

Fajri mengatakan Jhon Rettob adalah bapak pluralisme Papua atau bapak semua golongan. Hal ini terbukti dalam banyak hal.

“Saya mengikuti langkah digital Pak Johannes Rettob dengan Agenda Pesparawi dan MTQ yang merupakan prestasi besar di tangannya. Ini menunjukkan bahwa beliau mampu memposisikan diri tanpa memandang ras, suku, agama, dan golongan,” kata Fajri.

Fajri menambahkan, Pemimpin daerah harus piawai dalam urusan pemerintahan, sehingga sosok seperti JR sangat dibutuhkan untuk membawa Kabupaten Mimika ke arah yang lebih baik.

“Selain memiliki kemampuan dalam menangani isu-isu daerah dan akses terhadap isu-isu kearifan lokal, JR juga merupakan pejabat junior yang berpengalaman di bidang transportasi udara dan pemerintahan,” kata Fajri.

“Bagi pasangannya, Emmanuel Kemon merupakan sosok yang ideal untuk mengejar JR sebagai calon Wakil Bupati Mimika tahun 2024-2029,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Mimika Abraham Timang mengatakan Emanuel Kemong adalah orang di balik kemajuan dan pembangunan pendidikan dan ekonomi di Kabupaten Mimika.

“Dia (Emmanuel Kemon) tidak ada keraguan. Sampai saat ini keturunan tujuh suku di sini (Mimika) punya jabatan dan jabatan resmi. Itu semua di bawah kepemimpinan Pak Emmanuel Kemon,” kata Abraham Timang.

Ia mengatakan Emmanuel Kemon memiliki latar belakang sebagai guru berbakat dan berperan penting dalam pembangunan Kabupaten Mimika. Khususnya di bidang pendidikan

“Banyak anak pegunungan yang diasuhnya disekolahkan melalui LPMAK yang kini bernama YPMAK, tanpa menyadari jasanya dalam mencerdaskan anak-anak asli Papua,” kata Abraham.

Emmanuel Kemon juga dinilai peduli dan tidak mementingkan diri sendiri dalam pengabdiannya kepada masyarakat asli Papua tanpa memandang ras.

“Tidak diragukan lagi beliau berjasa di bidang pendidikan, kesehatan, dan perekonomian di Mimika,” “Sumbangannya kepada saya sebelumnya adalah di LPMAK, khususnya dalam pengabdian kepada masyarakat asli Papua. Tanpa memandang ras,” tegasnya.

Emmanuel Kemon juga menjabat Direktur LPMAK yang telah sukses membangun perumahan bagi masyarakat pesisir.

“Untuk perumahan Beliau membangun rumah untuk masyarakat pesisir melalui proyeknya di LPMAK kemudian saya melanjutkan proyek tersebut. “Selanjutnya. Beliau orangnya utuh dan peduli banget sama orang,” kata Abraham.  (rhs/jpnn) Simak! Video Pilihan Editor:

Baca artikel lainnya… Gara-gara perselisihan pemanfaatan konflik komunitas gereja di Jakarta Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *