BPKP Gelar Expo Pengawasan Intern Untuk Akselerasi Pembangunan

saranginews.com, JAKARTA TIMUR – Badan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar Pameran Inspeksi Dalam Negeri 2024.

Acara ini diselenggarakan untuk menemukan konsistensi semangat pengawasan mandiri dan pengawasan terhadap perkembangan pesat.

BACA: Bersama Kejaksaan Agung, BPKP berperan strategis dalam pemberantasan korupsi.

Pameran Inspeksi Internal yang diikuti oleh inspeksi internal Kementerian/Lembaga/Pemerintahan Negara dan BUMN/D (KLPBU) ini menarik ribuan pengunjung pada Selasa (28/5) di Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur.

Presiden BPKP Muhammad Yusuf Atah mengatakan, penyelenggaraan Pameran Audit Internal Tahun 2024 bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang adanya pengendalian internal untuk memantau akuntabilitas dan efektivitas keuangan negara dan pembangunan nasional.

BACA LEBIH BANYAK: Indonesia akan berpartisipasi dalam pameran keamanan dalam negeri BPKP 2024

“Sesuai dengan pekerjaan pimpinan, kehadiran auditor internal penting untuk menjamin terselenggaranya program pengelolaan yang efektif, efisien dan akuntabel. Oleh karena itu penting bagi kami para auditor internal untuk selalu berinovasi dengan memanfaatkan teknologi,” kata Ateh. .

Untuk itu Expo ini menghadirkan para penyedia teknologi informasi sehingga kita dapat melihat langsung bagaimana manfaat teknologi informasi dapat menstimulasi transformasi digital secara cepat, akurat dan dengan perlindungan yang lebih baik, lanjutnya.

BACA JUGA: Peran Strategis, Kecepatan dan Ketepatan BPKP dalam Mencegah Bengkok demi Suksesnya Pembangunan

Dijelaskannya, momen ini dijadikan sebagai pengingat atas kerja keras yang telah dilakukan untuk menciptakan berbagai perubahan pengendalian, sehingga membuahkan hasil yang baik dan berhasil dalam verifikasi pelaporan keuangan dan pembangunan. 

Selain itu, Ketua Panitia EXPO Moh. Fahrudin mengatakan, keberhasilan pengendalian akuntabilitas tidak lepas dari berbagai perubahan terkait pengawasan internal yang bertujuan untuk mempercepat, memastikan kemanfaatan program pemerintah, serta mengedepankan kolaborasi dan kerja sama.

“Kami berharap dengan diadakannya pameran ini dapat mempererat kerjasama dengan Badan Pengawasan Internal Daerah (APIP) dan menjadi wadah inovasi dan pengetahuan best practice di bidang pemeriksaan internal,” kata Fakhrudin.

Kepala Pusat Data Pemantauan juga menjelaskan, Pameran Inspeksi Internal ini akan menjadi wadah dimana K/L/P dan BUMN/D memaparkan hasil-hasil pembangunan nasional dan partisipasinya dalam APIP selama 5 tahun terakhir. 

Selain itu, merupakan proses saling bertukar pengetahuan dan pengetahuan antara peserta pertunjukan dengan masyarakat di berbagai penjuru untuk berkontribusi terhadap pembangunan bangsa,” imbuhnya.

“Pameran ini juga menyoroti kontribusi KLPBU terhadap pembangunan nasional dan bagaimana peran APIP dalam memantau program pemerintah menjadi semakin penting dan strategis selama 5 tahun terakhir,” tutup Fahrudin. (mcr8/jpnn)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *