Pertama Kali Digelar di Indonesia, NCFS 2024 Dapat Apresiasi dari PSSI

saranginews.com, JAMBI – Wakil Presiden PSSI Ratu Tisha Destrea memuji Konferensi Nasional Sepak Bola dan Sains (NCFS) 2024 yang digelar di Ratu Convention Center di Zambia, Rabu (28/8/2024).

Acara pertama yang diadakan di Indonesia pada tanggal 28-29 Agustus 2024 ini diresmikan oleh Gubernur Zambia Al Harris.

Baca Juga: Asosiasi Sepakbola Inggris berlakukan pembatasan kerusuhan di final Euro 2020

NCFS 2024 dihadiri oleh ratusan penonton dari berbagai universitas di Zambia, termasuk mahasiswa internasional yang kuliah di University of Zambia.

Pada konferensi ini, Asprov PSSI Jambi selaku panitia penyelenggara menerima puluhan karya ilmiah hasil penelitian.

Baca Juga: Tiongkok Ingin Menjadi Negara Adidaya Sepak Bola Pada Tahun 2050

Diantaranya telah terpilih 18 artikel yang akan disajikan dan dibahas secara offline pada Kamis (29/8/2024).

Namun artikel ilmiah yang tidak lolos seleksi offline akan dikirimkan secara online pada hari yang sama.

Baca Juga: Garudafood melahirkan bibit-bibit bagus untuk sepak bola Indonesia

Ratu Tisha Destria berharap ada rekomendasi untuk PSSI yang muncul dari agenda tersebut.

“Kemudian rekomendasi tersebut akan kami bawa ke PSI pusat dan dibahas lebih lanjut dengan departemen teknik. Nanti dipelajari, direvisi, dan kemudian dilaksanakan,” kata Tisha.

“Kedepannya ini akan menjadi acara tahunan. Dan penelitiannya tidak hanya untuk PSSI saja, tapi siapapun yang berkarir di dunia sepak bola bisa belajar dan melamar,” lanjut mantan wakil presiden AFF itu.

Ratu Tisha memuji para presenter yang mengirimkan karya terbaiknya dari Sabang hingga Merauke.

“Sungguh istimewa mempertemukan para praktisi dan akademisi dalam ilmu sepak bola,” ujarnya.

“PSSI selalu bebas memberikan berita-berita terkini di dunia sepak bola. Makanya kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Asprov PSSI Jambi dan Universitas Jambi. Luar biasa!” Dia menjelaskan.

Karya ilmiah yang diterima pada konferensi ini diterima pada bidang ilmu sepak bola meliputi kedokteran sepak bola, teknologi sepak bola, fisiologi sepak bola, nutrisi sepak bola, biomekanik sepak bola, dan fisika sepak bola.

Namun bidang ilmu sosial sepak bola meliputi manajemen dan industri sepak bola, psikologi sepak bola, sosiologi sepak bola, sepak bola untuk pembangunan dan pendidikan olahraga (sepak bola).

“Para ahli yang terlibat dalam konferensi sepak bola dan sains terlebih dahulu mengirimkan artikel berdasarkan hasil penelitiannya dan kita diskusikan. Kemudian setiap kebijakan dan pengembangan didasarkan pada penelitian, sains, dan teknologi terbarukan,” kata Presiden. Komite Sepak Bola dan Sains Nasional 2024 Reza Hadinata.

Gubernur Zambia mengatakan suatu kebanggaan bisa melaksanakan agenda ini di wilayahnya di bawah kepemimpinannya.

“Saya kira ini akan memberikan dampak positif bagi sepak bola Zambi pada khususnya dan sepak bola nasional pada umumnya,” ujarnya.

Saya sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi tuan rumah acara ini. Saya bangga di bawah kepemimpinan Presiden PSSI Pak Eric Tahir, sepak bola Indonesia semakin berkembang dan dilirik negara lain, lanjut Al Haris.

Sementara itu, Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Helmi, SH, MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta dalam konferensi tersebut.

Saya berharap ini menjadi tradisi ke depannya. Ini pertama kalinya. Saya mengapresiasi dan mendukung penuh perkembangan olahraga khususnya sepak bola, ujarnya.

“Secara khusus menurut saya agenda ini akan berdampak pada sepak bola Zambi,” tambah Presiden PSSI Zambi Asprov Komdis (dkk/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *