Rayakan 50 Tahun di Indonesia, Henkel Terus Berinovasi yang Berdampak pada Masyarakat

saranginews.com – Henkel, pemimpin global di bidang perekat, sealant, dan pelapis fungsional, merayakan hari jadinya yang ke-50 di Indonesia tahun ini.

Henkel, dengan landasan inovasi yang kuat, berkomitmen untuk melanjutkan pertumbuhan yang berarti di pasar teknologi perekat sebagai mitra terpercaya serta menciptakan perubahan yang berarti bagi masyarakat.

Baca Juga: Henkel akan menghadiri Indonesia Mining Expo 2024

Presiden Henkel Indonesia Dharmesh Shah merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia, sebuah tonggak sejarah bagi perusahaannya.

Beliau mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pemangku kepentingan atas dukungan mereka yang tiada henti selama beberapa dekade.

Baca juga: Henkel Mining Indonesia Akan Pamerkan Produk LOCTITE di Tahun 2023, Catat Tanggalnya!

Dharmesh Shah berkata, “Seiring dengan kemajuan kami, kami tetap berkomitmen untuk memberdayakan individu, menciptakan nilai luar biasa bagi mitra tepercaya kami, memberdayakan komunitas tempat kami beroperasi, dan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.” , dikutip Jumat (11/10).

Didirikan pada tahun 1974, Henkel Indonesia mengoperasikan unit bisnis Teknologi Perekat dengan sekitar 426 karyawan di kantor pusatnya, pabrik perekat sepatu, Pusat Inovasi Regional Asia Tenggara di Tangerang Selatan, dan pabrik perekat di Pasuruan, Jawa Timur, dan Tangerang.

Baca Juga: Kembangkan Ekosistem Digital, Henkel Gandeng Tokopedia

Melalui bisnis Teknologi Perekatnya, Henkel Indonesia memberikan solusi terdepan kepada pelanggan di berbagai industri, termasuk transportasi dan elektronik, pengemasan dan produk konsumen, kerajinan, konstruksi dan profesional melalui berbagai merek premium seperti Loctite, Bonderite, Technomelt, Terosan dan Aquenes. melakukan

Henkel juga berkomitmen untuk berinovasi dan memberikan keunggulan kompetitif kepada pelanggan dengan memperluas portofolionya untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Beberapa langkah strategis yang dilakukan antara lain akuisisi Derex Packaging Technology pada tahun 2017 dan akuisisi CSNRI dan Seal for Life pada tahun 2023 dan 2024.

Dengan pengalaman puluhan tahun di pasar teknologi perekat, Henkel berkomitmen untuk memajukan industri lokal melalui kolaborasi, pengembangan sumber daya manusia, dan promosi solusi inovatif yang berkelanjutan.

Pada tahun 2018, Henkel mendirikan Pusat Inovasi Regional Asia Tenggara di Bintaro, Tangsel, yang merupakan pusat inovasi pertama untuk industri perekat di kawasan ini dan juga merupakan investasi terbesar Henkel di Indonesia.

Melalui pusat-pusat inovasi ini, Henkel terus bekerja sama dengan mitra bisnis, mendorong pengembangan produk-produk berkualitas tinggi yang berkontribusi terhadap kekuatan dan pertumbuhan industri lokal.

Selain itu, Henkel Converter Academy di Indonesia juga akan dibuka pada tahun 2023 untuk memperluas program pelatihan kejuruan bersertifikat untuk industri pengemasan fleksibel di Asia Tenggara.

Didukung oleh IHK Düsseldorf, program ini menawarkan pelatihan tingkat ahli mengenai solusi pelapisan, teknologi laminasi dan aplikasi terapan di Pusat Inovasi Regional Asia Tenggara, presentasi teknis dengan pengalaman langsung untuk membantu pelanggan regional berinovasi dan meningkatkan kemasan.

Membentuk pasar masa depan melalui transformasi digital selama bertahun-tahun, Henkel Indonesia mempertahankan komitmennya terhadap standar tinggi dalam produksi dan manfaat bagi mitra dan pelanggan.

Selama dekade terakhir, pabrik di Pasuruan dan Tangerang telah menerapkan sistem manufaktur cerdas yang meningkatkan proses dan mendorong inovasi dan efisiensi yang lebih besar.

Integrasi dengan SAP di pabrik Pasuruan telah meningkatkan analisis data real-time untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas.

Di pabrik di Tangerang, proses digital dan berbasis data telah membantu mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan produktivitas sekaligus menawarkan fleksibilitas dan opsi penyimpanan tingkat lanjut.

Kedua pabrik Henkel Adhesive Technologies telah diakui secara regional dan nasional atas standar keselamatan, produktivitas dan inovasinya, termasuk Penghargaan Produktivitas Prestasi (2022) dan Penghargaan Pramakarya (2023) untuk pabrik Pasruan.

Pabrik di Tangerang juga mencapai pencapaian lebih dari 6 juta jam bebas insiden pada tahun 2022.

Pencapaian tersebut mendapatkan penghargaan Zero Accident Award bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan peringkat emas dari Komite Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh Gubernur Banten.

Melalui inisiatif bisnis digital, Henkel Indonesia juga akan mempererat hubungan dengan mitra dan pelanggan dengan membuka toko resmi Loctite Indonesia di Tokopedia dan Shopee pada tahun 2022.

Kehadiran toko resmi ini, merupakan ekspansi e-commerce pertama di Asia Tenggara untuk unit manufaktur umum dan pemeliharaan Henkel Adhesive Technologies, menyediakan saluran baru langsung ke konsumen, membangun hubungan dan meningkatkan kehadiran merek di platform digital. . Memberdayakan masyarakat dan memajukan komitmen terhadap keberlanjutan

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50, karyawan Henkel Indonesia berkumpul untuk menanam 150 pohon di hutan pinus di Mangunan, Yogyakarta untuk memperkuat komitmen Henkel terhadap masyarakat dan lingkungan.

Awal tahun ini, Henkel Indonesia juga meluncurkan proyek renovasi gedung sekolah dasar untuk siswa di Sekolah Dasar Namatta, Papua Barat, yang didanai oleh inisiatif Impact on Tomorrow Hutan Pinus Mangunan.

Sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan, Henkel Indonesia juga telah berkontribusi kepada masyarakat selama bertahun-tahun.

Selama wabah Kovid-19, Henkel Indonesia mendonasikan 12 ribu euro (lebih dari Rp 200 juta) kepada Habitat for Humanity Indonesia untuk membantu staf rumah sakit di Surabaya dalam hal perumahan, makanan, transportasi, dan alat pelindung diri.

Selain mendukung dan memimpin upaya restorasi sekolah, Henkel Indonesia telah bekerja sama dengan sekolah dan sektor bisnis untuk menerapkan kepedulian terhadap lingkungan dan berkontribusi terhadap masa depan yang berkelanjutan.

Program Penjangkauan Sekolah Duta Keberlanjutan Henkel di Indonesia dimulai pada tahun 2014, yang memungkinkan karyawan untuk mempromosikan keberlanjutan di tempat kerja dan komunitas lokal.

Melengkapi program ini, perusahaan mempelopori beberapa inisiatif termasuk kemitraan dengan Teens Go Green Indonesia untuk webinar tentang polusi plastik laut selama “Plastic July” dan kamp aksi iklim remaja yang mencakup tur ke fasilitas daur ulang, transplantasi terumbu karang, dan penanaman bakau.

Henkel Indonesia juga akan menjadi tuan rumah lokakarya keberlanjutan pada tahun 2023 untuk mempertemukan para ahli dan pemangku kepentingan untuk mempelajari dan mempromosikan praktik pengemasan berkelanjutan guna merayakan 50 tahun pembangunan yang bermakna.

Henkel Indonesia The St. Regis Jakarta pada Kamis (10/10).

(Kiri ke kanan) Irwan Setiawan Zahirudin, Riza Yamora Siregar, Ratna Zahirudin, Alejandro Schoenhoff, Dharmesh Shash, Thomas Graf, Carmen Chua dan Casey Kim bersulang merayakan ulang tahun Henkel yang ke-50 di Indonesia.

Acara ini merayakan pencapaian Henkel di Indonesia sejak didirikan dengan sambutan dari tamu-tamu terhormat dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta.

Para peserta juga diperlihatkan video yang menampilkan karyawan lokal Henkel.

Malam istimewa itu diakhiri dengan penampilan spesial dari diva musik tanah air TT DJ.

Perjalanan 50 tahun Henkel di Indonesia juga ditunjukkan dengan berdirinya experience center yang menampilkan berbagai inovasi Henkel Experience Center, dimana pengunjung dapat melihat langsung berbagai produk yang menggunakan teknologi perekat Henkel untuk memperkuat budaya bersama melalui pemberdayaan.

Budaya yang kuat, nilai-nilai bersama, dan kerangka kerja sama yang jelas sebagai sebuah tim adalah kunci kesuksesan Henkel di masa depan.

Henkel Indonesia akan terus mengedepankan budaya kolaborasi dan pemberdayaan pribadi yang membekali karyawan dengan keterampilan masa depan dan memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Pada tanggal 19-21 September 2024, para karyawan dimeriahkan dalam bentuk rangkaian acara apresiasi yang mempererat persatuan melalui berbagai kegiatan team building, lava jeep tour, dan makan bersama.

Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk merefleksikan pencapaian masa lalu dan mengembangkan impian dan masa depan bersama.

Semua merek di atas adalah merek dagang dan/atau merek dagang terdaftar dari Henkel dan anak perusahaannya di Amerika Serikat, Jerman, Indonesia, dan negara lain. (mar1/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *