Kolaborasi Peruri dan Big Alpha Dorong UMKM Lebih Tangguh di Era Digital

saranginews.com, JAKARTA – Peruri dan Big Alpha menegaskan komitmennya untuk mendukung perekonomian lokal dengan membantu usaha kecil dan menengah menghadapi tantangan digitalisasi.

Salah satunya melalui seminar bertajuk “Digitalk: Growth Journey” di Creative Hall M Bloc Space, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Properti di Peru Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya, Apa Saja?

Sebanyak 100 peserta mengikuti simposium yang merupakan bagian dari literasi digital Peru sejak tahun 2020. Acara tersebut juga memperkenalkan produk digital kepada masyarakat umum dan pelaku UMKM.

Pada seminar ini hadir beberapa dosen berpengalaman seperti pendiri dan direktur perusahaan HAUS! Indonesia, Gufron Syarif; Kepala Departemen Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah PaDi UMKM Mega Agustina; dan Kepala Pengelola Saluran Peruri, A Mesa Tiar Dyastama.

BACA JUGA: Taman Kota Peruri, Ruang Terbuka Hijau di Lahan Bekas Pabrik Percetakan Uang

Pada pertemuan pertama, topik yang diangkat adalah “Membangun Bisnis untuk Upgrade”, membahas strategi ekspansi pasar secara cepat. Gufron Syarif berbagi kisah sukses membangun HAUS! Indonesia dari awal hingga jaringan bisnis tersebar di seluruh Indonesia.

Ia menekankan pentingnya beradaptasi dengan perubahan tren pasar dan kebutuhan konsumen dalam perkembangan suatu perusahaan.

BACA JUGA: Peruri Jalani Tanggung Jawab Sosial dan Terima Penghargaan dari Pemerintah Karawang

Mega Agustina juga menekankan pentingnya pemanfaatan media digital untuk memperluas jaringan bisnis B2B. Ia menjelaskan bagaimana perusahaan UMKM dapat memanfaatkan pasar B2B PaDi untuk berkolaborasi dan memperluas pasarnya.

Sesi kedua bertemakan “Membuat Bisnis Lebih Nyaman Bersama Peruri”, dimana Mesa Tiar Dyastama memaparkan solusi digital Peruri, seperti Peruri Shield yang membantu meningkatkan efisiensi operasional UKM.

Solusi ini mencakup layanan e-faktur, tanda tangan digital, segel digital, dan segel elektronik, yang dirancang untuk menyederhanakan pengelolaan bisnis usaha kecil dan menengah di era digital.

Chief Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengatakan seminar ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (SES) untuk mendukung pembangunan sosial dan ekonomi melalui peningkatan literasi digital UMKM.

“Peruri sebagai BUMN mempunyai tanggung jawab untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat, dan salah satunya mendukung literasi digital,” kata Adi Sunardi dalam keterangannya, Selasa (23 Oktober).

Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab yang penuh semangat dimana para peserta mendiskusikan tantangan-tantangan yang mereka hadapi dalam mengembangkan bisnisnya. Para pembicara juga membawakan solusi praktis yang bisa langsung diterapkan oleh para pelaku UMKM. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *