Ini Pertanda Jumlah PPPK Paruh Waktu Bakal Jauh Lebih Banyak?

saranginews.com – PASAMAN BARAT – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat akan membuka pendaftaran PPPK 2024 dalam waktu dekat.

Jumlah 2.024 formasi PPPK Pemprov Pasman Barat yang sudah mendapat persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sebanyak 1.200 kursi.

Baca Juga: Belanja Pekerja Lampaui 30%, Pemda Berani Buka Pendaftaran PPPK 2024

“Usulan kami disetujui oleh pemerintah pusat. Ini sebagai upaya meningkatkan kinerja dan pelayanan publik kepada masyarakat,” kata Hamsuardi Pasaman Barat di Simpang Empat, Kamis (9/5).

Ia mengatakan, komposisi PPPK 2024 yang disetujui 1.200 orang meliputi guru 496 orang, tenaga kesehatan 4 orang, dan teknisi 700 orang.

Baca juga: Pejabat: Dapat Perintah PPPK Jadi Harapan Seluruh Pejabat

Hamsuardi mengungkapkan, Pemprov Pasman Barat memiliki lebih dari 4.000 pegawai honorer atau kontrak yang telah berpengalaman dan lama bekerja di Pemprov.

“Melalui pembukaan pelatihan PPPK ini, kami berharap tim honorer yang telah mengabdi sejak lama dapat semakin jelas status profesinya dan perlindungan tenaga kerja yang lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: Jelang Pendaftaran PPPK 2024, 6 Honorable Mention MenPANRB dan DPR RI

Lebih lanjut, tim PPPK diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik di berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Agusli menjelaskan, pendaftaran PPPK diharapkan bisa dimulai pada akhir September atau Oktober 2024. Sedangkan tes akan dilakukan pada November 2024. Agusli mengimbau agar Calon calon PPPK Pasaman Barat harus mempersiapkan diri dengan baik terutama dalam urusan administrasi seperti melengkapi dokumen persyaratan berupa ijazah, sertifikat keahlian, KTP dan dokumen lainnya.

Selain persiapan administrasi, ia juga menyoroti pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental saat mempersiapkan ujian.

“Harap unggah dokumen dengan benar saat melamar online. Sangat penting untuk berada dalam kondisi fisik dan mental yang prima untuk menghadapi ujian dengan cara terbaik. Dengan persiapan yang matang, calon akan berhasil dan disetujui,” ujarnya.

Leela, Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Pasaman Barat, menyarankan agar calon calon PPPK 2024 mempersiapkan ilmu dan keterampilannya, termasuk meningkatkan kompetensi pribadi dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang relevan dengan gelar yang dilamar.

“Baca lebih banyak literatur yang relevan dan praktikkan menggunakan software simulasi CAT agar terbiasa dengan tampilan soalnya,” ujarnya kepada bakal calon PPPK 2024.

Perlu diketahui, pemerintah pusat mengimbau seluruh pegawai honorer untuk mendaftar seleksi PPPK 2024.

Bagi calon yang tidak memperoleh pelatihan, dapat diangkat menjadi PPPK paruh waktu atau PPPK paruh waktu.

Kasus Pasaman Barat, jumlah pekerja non-ASN atau honorer mencapai 4.000 orang. Jumlah konfigurasi PPPK tahun 2024 hanya 1.200 tempat.

Mungkinkah ini pertanda jumlah PPPK paruh waktu di Pasaman Barat akan jauh lebih banyak dibandingkan PPPK penuh waktu? (sam/antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *