Ibu-Ibu Serukan Perbaikan Udara di Pilkada Jakarta 2024

saranginews.com, JAKARTA – Memburuknya kualitas udara Jakarta menjadi kekhawatiran utama sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Air Talk.

Mereka menyerukan peningkatan kualitas udara sebagai isu penting yang harus diprioritaskan dalam pemilu daerah mendatang.

BACA JUGA: Kolaborasi Udara dan BRIN untuk Melawan Polusi

Dikenal sebagai salah satu kota dengan polusi udara terburuk di dunia, Jakarta kini menghadapi ancaman serius terhadap kesehatan warganya, terutama anak-anak dan keluarga.

Pada acara Biru Talks Sustainability Xperience (TSX) 2024, para perempuan ini meminta para calon pemimpin daerah untuk lebih memperhatikan masalah kualitas udara.

BACA JUGA: Atasi Masalah Pencemaran, Pembicaraan Udara Kerjasama dengan Pemkot Bogor

Salah satu pendiri Talk Air Ratna Kartajoemena mengatakan, momentum Pilkada merupakan momen yang tepat untuk mendorong calon gubernur agar menjadikan isu ini sebagai prioritas.

Ratna menjelaskan, pihaknya berupaya bertemu calon gubernur untuk menyampaikan keinginan masyarakat terkait kualitas udara. 

BACA JUGA: Air Talk Foundation gandeng ibu-ibu PKK cari solusi pembakaran sampah

“Itulah mengapa kita perlu selalu aktif sebagai masyarakat. “Kita juga harus aktif mendorong mereka yang punya kredibilitas agar suara kita didengar dan memberikan ide-ide yang kita inginkan,” kata Ratna dalam keterangannya, Selasa (8/10).

Novita Natalia, salah satu pendiri lainnya, mengatakan strategi advokasi harus mencakup pendekatan inovatif, termasuk penggunaan media sosial untuk membuat isu polusi udara menjadi viral.

Dia mengatakan viralitas adalah kunci agar kebijakan kualitas udara menarik perhatian serius pemerintah.

“Kecuali jika itu menjadi virus, seringkali isu-isu penting tidak diprioritaskan oleh para politisi,” katanya.

Amalia Ajuningtäs, salah satu pendiri Air Talk, menekankan bahwa memerangi polusi udara memerlukan pendekatan yang lebih sistematis dan komprehensif.

Ia mengusulkan penerapan kebijakan UU Udara Bersih yang lebih komprehensif untuk mengatasi polusi dari berbagai sumber.

Kami berharap melalui kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan swasta, kualitas udara Jakarta dapat ditingkatkan demi kesehatan seluruh warga. (jlo/jpnn) Sudahkah kamu menonton video terakhir di bawah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *