Rupiah Ditutup Melemah 22 Poin, ‘Kabinet Obesitas’ jadi Faktor Pemicu

saranginews.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah melemah 22 poin menjadi Rp 15.503 per dolar pada Kamis sore (21/10).

Seperti diketahui, rupiah ditutup pada level RP 15.481 terhadap USD pada Jumat (18/10). 

CATATAN: Nilai tukar rupiah hari ini menguat karena dilantiknya Presiden Prabowo Subianto

Ibrahim Assuaibi dari PT Erè Forexindo Berjang mengatakan susunan kabinet Prabowo-Gibran berdampak pada pelemahan rupiah.

Nama-nama lama masih beredar, terutama di bidang perekonomian. Ada yang bilang komposisi kabinet Merah Putih masih ‘bau’ Jokowi, kata Ibrahim di Jakarta, Senin.

BACA JUGA: Hari ini mata uang kembali turun, harga emas naik!

Namun, kata Ibrahim, yang jelas jumlah anggota kabinet yang diumumkan Presiden Prabowo Subianto adalah yang mengalami obesitas atau “gemuk” dan mendekati “gemuk”. 

Pengumuman nama-nama anggota kabinet tersebut merupakan aksi balas dendam terhadap pihak yang membela Prabowo-Gibran pada pemilu presiden sebelumnya. 

Tindakan pembalasan ini akan menimbulkan reaksi negatif pasar, kata Ibrahim.

Menurut Ibrahim, jumlah menteri Merah Putih merupakan yang terbesar di kawasan Asia-Pasifik, bahkan mungkin merupakan kabinet terbesar di dunia dengan jumlah menteri dan wakil menteri mencapai 105 orang. 

Jumlah menteri di negara-negara Asia Pasifik berjumlah 22 orang.

Namun, selain menteri yang diumumkan Presiden Prabowo, banyak partai politik pendukung NASDEM, PKS, dan PDIP yang belum mendapat jabatan menteri.

“Sesuai harga pasar, banyak menteri atau duta besar yang tidak pindah/perpanjang jabatan selama lima tahun karena banyak calon yang menunggu menteri dan duta besar mendukung partai politik,” kata Paus Ibrahim.

Di sisi lain, rupee dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Menurut Ibrahim, peluang calon presiden dari Partai Republik Donald Trump untuk kembali ke Gedung Putih tampaknya semakin besar. 

Seruan tersebut muncul karena terlalu sulit untuk memprediksi pemilu AS, yang diadakan dua minggu lalu, namun Trump telah menang dalam beberapa minggu terakhir dan kini mengungguli Wakil Presiden Kamala Harris dalam beberapa suara. 

Selain itu, konflik Timur Tengah menjadi pusat perhatian dan meningkat selama akhir pekan ketika Israel melanjutkan serangannya terhadap Hamas dan Hizbullah.

“Masing-masing di Gaza dan Lebanon. Israel juga telah mengumumkan rencananya untuk menyerang posisi yang terkait dengan dana Hizbullah di Beirut,” kata Ibrahim.

Menurut dia, pada perdagangan esok hari, mata uang rupee bisa saja berubah.

Ditutup pada kisaran Rp 15.490 – Rp 15.580,- kata Ibrahim (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *