Menpora Sebut Dunia Olahraga Nasional Mengalami Kemajuan di Pemerintahan Jokowi

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu sosok yang paling peduli terhadap perkembangan olahraga di tanah air.

Ia mengatakan, dukungan Jokowi dan seluruh pihak akhirnya membuat olahraga tanah air berkembang.

BACA JUGA: Bahrain Ajukan Tawaran Laga Tim Indonesia di Luar Indonesia, Menpora Dito Tanggapi Tegas

Misalnya, Indonesia bisa berbangga karena berhasil meraih dua medali emas di berbagai disiplin ilmu di Olimpiade Paris 2024.

Dia berkata: “Alhamdulillah kami memenangkan dua medali emas di Olimpiade Paris. “Kedua medali emas tersebut berasal dari cabang olahraga yang berbeda, satu panjat tebing dan satu lagi angkat besi,” kata Dito, Sabtu (19/10). 

BACA JUGA: Menpora Dito: Presiden Jokowi Siap Promosikan RI Games 10 Tahun Pemerintahan

Politikus Golkar itu mengatakan, raihan dua medali emas itu istimewa karena bisa menyamai prestasi TNI Angkatan Darat di Olimpiade Barcelona 1992.

“Bagi saya istimewa, karena terakhir kali kita meraih dua medali emas di Olimpiade adalah pada tahun 1992,” lanjut Dito. 

BACA JUGA: Pertahankan Disertasinya, Hasto Tegaskan Karakter Megawatt Tak Bisa Disamakan dengan Jokowi

Diketahui, pemerintah era Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga berjanji akan mengembangkan olahraga tanah air.

Setidaknya janji-janji tersebut tersurat jelas dalam visi dan pesan yang dibawakan Prabowo-Gibran pada pemilu 2024. 

Dalam misi Asta Cita, mendukung dunia olahraga merupakan bagian dari misi keempat, yaitu memperkuat pengembangan sumber daya manusia (SDM), ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi di bidang olahraga, kesetaraan dan penguatan peran perempuan, generasi muda dan penyandang disabilitas.

Diketahui, Menpora Dito Ariotedjo merupakan orang yang diundang Prabowo untuk mengikuti pembahasan calon menteri di Hambalang, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Senin (14/10).

Terkait pertemuan Senin lalu, Dito menawarkan beberapa hal. Salah satu tujuan Prabowo adalah menciptakan olahraga yang memperkuat citra Indonesia.

“Lebih dari itu, ada yang namanya diplomasi olahraga. Bagaimana kita membangun hubungan yang lebih baik antar negara melalui kerja sama olahraga? “Saat ini kami mulai membangun diplomasi olahraga dengan banyak negara seperti Rusia, Arab Saudi dan banyak negara lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, Dito pun mempertimbangkan beberapa tujuan bagi kemajuan olahraga Tanah Air ke depan jika menduduki jabatan yang sama pada periode 2024-2029.

Beberapa di antaranya adalah meningkatkan prestasi berbagai organisasi internasional. Salah satu yang terdekat adalah Olimpiade Los Angeles yang dijadwalkan pada tahun 2028. 

“Tujuan saya adalah agar lebih banyak atlet Indonesia yang mengikuti Olimpiade Los Angeles 2028 dan pulang dengan membawa lebih banyak medali. Kita harus ingat, prestasi pemain di kompetisi internasional bukan urusan individu atau tim, tapi akan berdampak besar bagi reputasi dan citra Indonesia di kompetisi internasional, kata Dito. (ast/jpnn) Video populer hari ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *