Mengintip Spesifikasi Mobil Maung Garuda yang Ditumpangi Prabowo dan Jokowi, Sangar

saranginews.com, JAKARTA – Upacara pelantikan Presiden RI Prabowo Subianto dan Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka berakhir di Gedung MPR/DPR Jakarta Pusat, Minggu (20/10).

Namun yang menarik perhatian publik saat itu adalah kendaraan yang digunakan Presiden Prabowo.

BACA JUGA: Prabowo Antar Jokowi ke Bandara untuk Kembali ke Solo

Pria berusia 72 tahun itu terlihat mengendarai mobil kencang berwarna putih menuju Istana Merdeka.

Ya, mobil yang ditumpangi Presiden ke-8 itu adalah MV3 Garuda Limousine.

BACA JUGA: PBB Ucapkan Selamat pada Pelantikan Prabowo-Gibran

Mobil sport utility vehicle (SUV) ini merupakan kendaraan terbaru yang diproduksi oleh PT Pindad.

Mobil “Maung Garuda” yang diberi nama MV3 Garuda Limousine ini memiliki pelat nomor “Indonesia 1” dengan lambang “GARUDA” di bagian belakang.

BACA JUGA: Pindad memperkenalkan prototipe skuter listrik yang siap diproduksi tahun ini

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, pihaknya sangat bangga karena kendaraan terbaru MV3 Garuda Limousine karya anak negeri ini digunakan dalam momen bersejarah.

“Presiden Prabowo Subianto mempercayai kami, terus mendorong penggunaan produk-produk yang dihasilkan Pindad, untuk terus terus maju dan meningkatkan kualitas,” kata Abraham Mose dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Presiden Prabowo dan Jokowi sedang bepergian di dalam kabin mobil Maung Garuda. Foto: Pindad 

Dari segi desain, kendaraan luar biasa ini memiliki tampilan eksklusif dan maskulin, menawarkan perlindungan dan kenyamanan tinggi dengan material berkualitas dan fitur terkini.

Mobil ini berbobot 2,95 ton, panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, tinggi 1,87 meter, serta wheelbase yang panjang, nyaman dan lapang.

Mesin bawaannya juga tidak main-main. Tenaga mesin mobil tersebut dikatakan sebesar 202 PS/199 HP dengan transmisi AT (otomatis) 8 percepatan.

Seluruh area kendaraan dilapisi dengan material pelindung tubuh komposit yang tahan terhadap amunisi. Bola NATO 7,62×51 mm dan suhu. Dilengkapi dengan ban M193 berukuran 5,56x45mm, kaca antipeluru grade B5/B6, dan ban Run Flat Tire (RFT) ukuran R21 yang mampu melaju meski ada gundukan di jalan.

“Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang menunjukkan karakter kuat dengan identitas bangsa Indonesia,” kata Sigit P. Santosa, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad.

Alhamdulillah hari ini produk buatan sendiri pertama kali digunakan langsung oleh Presiden RI, tambahnya.

Selain Prabowo yang menaiki mobil, Jokowi juga mengantarkan kendaraan tersebut menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. (Antara/jpnn) Yuk, simak juga video ini!

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA… Menengok Keagungan Maung 4×4, Kendaraan Taktis Karya Pindad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *