Ditjen Gatrik Perkuat Sinergi Pengawasan Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah

saranginews.com, Bandung – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan efektivitas regulasi sektor ketenagalistrikan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggabungkan peran pengawas ketenagalistrikan pusat dan daerah melalui Forum Dialog Pengawasan Bersama Pengawas Ketenagalistrikan Pusat dan Daerah Seri 3 di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Keren, SIG Raih 16 Penghargaan dari Kementerian ESDM

Sekretaris Otoritas Umum Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari menjelaskan Inspektorat Ketenagalistrikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam mengawasi pelaksanaan peraturan di bidang ketenagalistrikan.

Ia mengatakan, tugas pemeriksa ketenagalistrikan adalah menjaga keselamatan ketenagalistrikan, termasuk menjamin penyediaan tenaga listrik yang aman, andal, dan ramah lingkungan.

Baca juga: Progres Pasokan Listrik IKN Dipastikan Lancar

“Teknik adalah bagian penting untuk memastikan keselamatan dalam industri ketenagalistrikan,” kata Ada.

Hal yang menarik dari forum ini adalah bagaimana memastikan kerja sama yang efektif antara pengawas ketenagalistrikan pusat dan daerah.

Baca juga: ExxonMobil siap dukung pasokan listrik 35.000 MW

Ada menekankan pentingnya kerja sama dalam pemeliharaan, terutama dalam keadaan darurat seperti pemadaman listrik atau masalah teknis.

“Dalam forum ini kita akan membahas bentuk-bentuk pelayanan bersama yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan di bidang ini,” tambahnya.

Ai Saadiyah Dwidaningsih, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, mengatakan Jawa Barat memiliki jumlah penduduk yang besar dan banyak kawasan industri sehingga kebutuhan energinya tinggi.

“Karena tingginya permintaan energi di wilayah kita, terdapat peningkatan kebutuhan akan pengawas kelistrikan yang dapat memberikan pengawasan yang efektif,” katanya. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *