Prabowo Tunjuk Orang Dekat Megawati jadi Menko Polkam

saranginews.com, JAKARTA – Presiden RI Prabowo Subianto melantik Jenderal Polisi (Purna) Budi Gunawan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) pada Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Penunjukan itu dilakukan Prabowo usai makan malam bersama calon menteri dan wakil menteri di Gedung Negara, Jakarta, Minggu malam.

BACA JUGA: Psst, Budi Gunawan ikut pengumuman calon menteri di kabinet Prabowo. Apakah ada kader PDIP?

Jenderal (purnawirawan) Prof.Dr.Budi Gunawan, M.Sc., Ph.D., Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, kata Prabowo saat membacakan daftar menteri koordinator di Kabinet Merah Putih.

Berdasarkan pernyataan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) berganti nama menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam).

BACA JUGA: Begini Tanggapan Hasto atas Kehadiran Pak B.G. pada acara peluncuran calon menteri kabinet Prabowo.

Budi Gunawan yang dekat dengan Megawati Sukarnoputri akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Legislasi, dan Keamanan sejak Februari 2024.

Budi sebelumnya menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada September 2016 hingga 2024. Pada 17 Oktober 2024, ia resmi digantikan oleh Letjen TNI (Purn) Muhammad A Nedele.

BACA JUGA: Tok! DPR sepakat dengan Kherindra menggantikan BG sebagai Kepala BIN

Pria kelahiran 1959 ini merupakan purnawirawan jenderal polisi bintang empat. Budi lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1983.

Selama karir pertamanya di kepolisian, Budi pernah menduduki beberapa jabatan, antara lain Kapolsekta Tanjung Karang Barat Poltabes Bandar Lampung pada tahun 1986, Sesditratas Polda Lampung pada tahun 1997, hingga Kapolsek Sus Sus dan Bupati Sundit Ditlantas Polri pada tahun 1998.

Kemudian, pada tahun 1999–2001, Wakil Presiden Megawati Sukarnoputri membantu. Ia terus menjabat sebagai asisten hingga Megawati menjadi Presiden Republik Indonesia.

Kemudian, pada tahun 2004, Budi dipromosikan menjadi Brigadir Jenderal (Briegen). Ia pun kembali langsung ke Korps Bhayankara dengan menduduki jabatan Karobinkar SSDM Polri.

Kemudian pada tahun 2008, Budi menjabat Kapolda Jambi selama setahun. Jabatan tersebut berujung pada kenaikan pangkatnya menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) dan jabatan Kadiv Binkum Polri pada tahun 2009.

Kariernya terus menanjak hingga akhirnya menjadi wakil polisi selama satu tahun pada tahun 2015. Kemudian pada tahun 2016 menjabat sebagai Kepala BIN hingga tahun 2024.

Meski dekat secara pribadi dengan Megawati Sukarnoputri, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan bahwa Budi Gunawan adalah calon menteri yang dibidik Presiden Prabowo dari para pakar.

Pernyataan tersebut dibenarkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani yang menyebut Budi Gunawan tidak mewakili partai dan menyebut hingga saat ini belum ada anggota PDIP yang direncanakan masuk ke kabinet Prabowo-Gibran. . (antara/jpnn) Sudah nonton video terbaru berikut ini?

BACA PASAL LAIN… Budi Gunawan Lulus, Jokowi Ditunjuk Dekat dengan Prabowo Sebagai Kepala BIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *