Polisi Periksa 50 Saksi Kasus SPJ Fiktif Perjalanan Dinas di Sekretariat DPRD Riau

saranginews.com, Pekanbaru – Penyidik ​​Subdit III Ditreskrimsus Polda Riau menemukan 12.987 surat perintah perjalanan dinas (SPJ) fiktif di Sekretariat DPRD Riau periode 2020-2021.

Dirkrimsas Polda Riau Kombes Nasriadi mengatakan, setelah kasus ini masuk ke penyidikan, pihaknya sudah memeriksa sekitar 50 orang saksi, mulai dari penanggung jawab anggaran, seperti mantan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, hingga anggota DPRD saat itu. Aktivitas yang dilakukan, THL.

Baca juga: Tahun depan SPJ PNS akan menggunakan sistem elektronik

Dari pemeriksaan yang masih berjalan, terdapat 21.632 SPJ perjalanan dinas periode 2020-2021. Namun sejauh ini penyidik ​​sudah mengumpulkan 20.525 SPJ, kata Combes Nasriadi, Selasa (27 Agustus).

Dijelaskannya, dari 21.632 SPJ, sebanyak 7.538 merupakan SPJ asli.

Baca juga: Pak Jokoi Kesal, PNS Masih Sibuk Jalankan SPJ

“Kami menemukan 12.987 SPJ fiktif.” Jumlah SPJ memang nyata, namun 344 SPJ tidak ditemukan. Mudah-mudahan auditor menganggapnya fiktif, maka jumlah dokumen SPJ fiktif yang tidak berdasar sebanyak 763 SPJ,” kata Nasriadi.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Muflihun mengaku telah memerintahkan penandatanganan 58 Sertifikat Pencairan Dana (NPD) dan Tanda Terima Setoran.

Baca Juga: Jokoi Tiba, Nama Anise Muncul di Kongres Nasdem

Muflihun selaku Mensesneg juga memerintahkan PPTK untuk mendata nama-nama THL tertentu di jalan dinas.

Namun THL tidak pernah melakukan perjalanan dinas, Muflihun mengetahuinya. THL tidak pernah bertugas, dia hanya menerima uang perjalanan pemerintah untuk keperluan pribadi, jelas Nasriadi.

Lalu ada seorang THL tertentu yang tidak mengetahui dirinya terdaftar sebagai operator tur resmi, namun mengaku mendapat dana sejumlah Rp.

“Saudara Muflihun mengaku, beberapa saat setelah dilantik menjadi PLT Sekwan pada tahun 2020, ia mengadakan PPTK, para Kepala Departemen untuk membahas perlunya ASN/THL Idul Fitri di pimpinan DPRD Sekwan,” ujarnya. (mcr36/jpnn)

Baca artikel lainnya… Siapa yang menyebarkan gambar Bahlil minum minuman keras? Kader muda Golkar bereaksi dengan buntut panjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *