Kades Oba Percaya Diri Kembangkan Wisata Pantai setelah Ikut Pelatihan P3PD

saranginews.com – JAKARTA – Kepala Desa Oba Ishembay Kene terang-terangan mengaku semakin percaya diri mengembangkan pantai di desanya sebagai kawasan wisata setelah mengikuti pelatihan P3PD (Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan) desanya.

Pantai indah ini terdapat di Desa Oba, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara.

BACA JUGA: Kepala Desa Sambirejo Laksanakan Pendidikan Pelatihan P3PD, Hasilnya Memuaskan

“Setelah mengikuti pelatihan P3PD, saya lebih memikirkan pengembangan wisata pantai,” kata Kepala Desa Oba Shembed Kene kepada wartawan belum lama ini.

Perlu diketahui, Desa Oba mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Nasional pada desa percontohan PKAD (Peningkatan Kapasitas Perdesaan) Wilayah IV yang didukung oleh Departemen Utama Pembangunan Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA: P3PD memangkas waktu pelatihan perangkat di pedesaan hingga puluhan tahun

Kepala Desa Oba Shembed Kene mengumumkan pada Maret 2024, Muara akan mengembangkan kawasan wisata pantai Oba.

Pantai Muara Oba menghadap ke Pulau Tidore dan Ternate.

BACA JUGA: Departemen P3PD Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri 172.488 unit desa

Pada Sabtu lalu, Oba menyampaikan salah satu pembelajaran yang didapat dari pelatihan P3PD adalah pentingnya keberanian mengembangkan dan berinovasi potensi wisata di pedesaan.

“Inovasi itu penting. “Pimpinan desa mulai paham (setelah mengikuti pelatihan P3PD, red.),” ujarnya.

Oleh karena itu, Sabtu Oba kemudian ditambahkan fasilitas wisata hiburan yang belum pernah ada sebelumnya di pantai Muara Oba.

Saat ini lokasi wisata di pantai tersebut sudah dilengkapi dengan banana boat dan kafe.

Alhasil, Pantai Desa Oba semakin menjadi kawasan wisata. Pendapatan masyarakat setempat juga meningkat karena adanya tambahan wisata kuliner di pantai.

Selain itu, kata dia, pelatihan P3PD membuat perangkat Desa Oba semakin merasa memiliki dan semangat menjalankan tugasnya sebagai PNS.

Diakuinya, pelatihan P3PD ini sangat bermanfaat karena perangkat desa mengetahui cara mengembangkan daerahnya dan meningkatkan kapasitasnya sebagai perangkat desa.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pembinaan Administrasi Perdesaan Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Pemdes Kementerian Dalam Negeri) La Ode Ahmad P. .

La Ode berharap melalui pelatihan P3PD para peserta terus mempelajari dan menguasai materi pembelajaran baik dalam konteks tematik maupun dalam pengembangan keterampilan manajemen dan kepemimpinan.

Peserta juga diharapkan mampu menerapkan ilmu dan pemahaman yang diperoleh untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa, perencanaan pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (rl/sam/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *