Hima Persis Gelar Ekspedisi Pesisir di Desa Banyuasih, Pandeglang

saranginews.com, Jakarta – Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) resmi membuka program kampanye pesisir di Desa Banuasih, Pandenglang, Banten pada Sabtu (12/10/2024).

Proyek ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap upaya pemberdayaan masyarakat pesisir

Baca Juga: Hima Persis Bicara Tema Merdeka Dari Judi Online Untuk Cari Emas Indonesia

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh sejumlah besar mahasiswa, Poleirat, Bakamla, BP2MI dan masyarakat setempat yang berkomitmen terhadap pelestarian alam.

Tema yang diangkat pada acara tersebut adalah “Imajinasi Generasi Muda dalam Mengenal Poros Samudera Dunia Indonesia”.

Baca Juga: PP Hima 2024 Kecam Larangan Hijab Bagi Anggota Paskibraka.

Program ini bertujuan untuk memajukan masyarakat pesisir melalui berbagai kegiatan seperti pembersihan pantai, penanaman lebah, pendidikan dan pelatihan masyarakat pesisir.

Perjalanan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian alam.

Baca juga: PP Hima sangat membutuhkan kadernya untuk terus berbenah dan memberikan solusi bagi bangsa.

Hima Persis Ilham Nurhidayatullah mengatakan, perjalanan tersebut merupakan sarana mahasiswa berkarya di masyarakat.

Dikatakannya, program ini tidak hanya sekedar kebersihan pantai dan perlindungan biota laut, namun juga mendekatkan mahasiswa pada isu lingkungan hidup.

Ilham melalui keterangan tertulis, Senin (14/10/2024) berharap perjalanan ini menjadi langkah awal generasi muda untuk lebih memperhatikan permasalahan di pesisir pantai.

Salah satu proyeknya adalah kegiatan bersih-bersih pantai yang melibatkan pelajar dan warga sekitar

Selain itu, program tersebut sarat dengan rehabilitasi pantai-pantai terbengkalai yang diharapkan mampu memulihkan ekowisata kawasan Pandelang.

Ekspedisi pesisir tersebut berlangsung selama 15 hari dan melibatkan berbagai kalangan mulai dari akademisi, pemerintah daerah hingga masyarakat nelayan.

Pada waktunya, hasil perjalanan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan program perlindungan pantai yang lebih kuat

Dengan kiprahnya tersebut, Hima Persis berkomitmen untuk berperan besar dalam mendorong keselamatan laut, khususnya di wilayah lautan yang banyak terabaikan.

Ketua Pelaksana Tommy Yandra dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini didasarkan pada kondisi wilayah Indonesia yang sebagian besar berupa lautan, namun tidak bisa memperbaiki masyarakat pesisir. Sebagian besar masyarakat pesisir berada dalam kemiskinan ekstrem.

“Maka perjalanan ini kami lakukan untuk meningkatkan taraf hidup warga pesisir yang saat ini hidup dalam kemiskinan,” kata Tommy.

Ia berharap program dua minggu ini bisa efektif di wilayah pesisir (fra/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *