Meta Menguji Coba Fitur Pengenalan Wajah Baru Demi Tangkal Penipuan

saranginews.com, Jakarta – Meta sedang menguji fitur pengenalan wajah baru yang dirancang untuk melindungi pengguna dari penipuan selebriti.

Cara ini juga berguna untuk memudahkan pemulihan akses seluruh pengguna, jika akunnya terkunci.

Baca Juga: Meta Instagram Luncurkan Fitur Baru Untuk Berbagi Komentar Dengan Angka

Fitur ini dirancang untuk memberikan semua pengguna kemampuan untuk membuktikan identitas mereka dengan cepat dan aman.

Selain itu, memungkinkan Meta untuk mengungkap penipu sebelum mereka menipu orang dan meminimalkan masalah yang sering terjadi saat memulihkan akses akun Facebook atau Instagram.

Baca Juga: Ganger Facebook Tiba-tiba Serang Akun dengan Nama Aneh

“Kami berharap dapat menunjukkan bagaimana kami menggunakan teknologi ini untuk menjaga keamanan masyarakat,” kata wakil presiden kebijakan konten Metta, Monica Beckert, kepada CNet.

Penipuan yang disebut “umpan selebriti” ini menggunakan gambar tokoh masyarakat, termasuk pencipta dan selebritas, untuk memikat pengguna media sosial agar mengklik iklan yang mengarahkan mereka ke situs web palsu.

Baca Juga: Instagram tambahkan fitur sextortion untuk memblokir pesan seksis

Meta mengatakan pihaknya sudah menggunakan teknologi otomatis untuk meninjau jutaan iklan yang melintasi platformnya setiap hari, mencari konten palsu.

Namun, tidak jarang iklan yang sah juga menampilkan selebriti dan terkadang sulit membedakannya.

Apa yang akan dilakukan perangkat baru ini? Yakni membandingkan wajah orang-orang terkenal yang diduga memanipulasi foto profil setiap laman Facebook dan Instagram populer.

Jika ada kecocokan dan penipuan terkonfirmasi, Meta akan memblokir iklan tersebut.

“Tes pertama dengan sekelompok kecil selebriti dan selebritas memberikan hasil yang mengesankan, mendeteksi iklan palsu dengan cepat dan akurat,” kata Bickert.

Dalam beberapa minggu mendatang, Meta berencana untuk mulai mendaftarkan lebih banyak selebritas yang memiliki masalah dengan iklan palsu.

Selain itu, teknologi pengenalan wajah yang sama juga akan digunakan untuk memberikan perbaikan cepat kepada semua pengguna Meta jika akun mereka terkunci, sehingga memungkinkan mereka mengambil dan mengirim video selfie. (cnet/ant/jpnn)

Baca artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *