BPDPKS Berikan Beasiswa Khusus untuk Anak Para Petani Sawit

saranginews.com, JAKARTA – Pameran Perkebunan Indonesia (Bunex) ke-3 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan didukung Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS) pada 12 – 14 September 2024 di ICE BSD Tangerang, menawarkan berbagai kegiatan menarik.

Diantaranya adalah talkshow yang membahas tentang pertukaran minyak sawit. Dalam acara tersebut, Yudha Oktia, alumni penerima beasiswa BPDPKS dari Sumatera Barat, berbagi kisah inspiratif tentang perjalanan akademis dan profesionalnya.

BACA JUGA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan impian anak Indonesia melalui berbagai program beasiswa

Yudha yang berasal dari keluarga petani sawit mengaku mendapat informasi mengenai beasiswa BPDPKS sawit yang dibuka bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Perkebunan (STIPAP).

Kesempatan ini ia manfaatkan sebaik-baiknya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina Sambut 520 Penerima Beasiswa Sahabat Bumi, Ini Perintahnya

“Informasi mengenai beasiswa BPDPKS membuka peluang baru bagi saya. “Saya mengikuti seluruh proses seleksi dan akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di STIPAP,” ujar Yudha penuh rasa syukur (12/9).

Selama menempuh pendidikan D1 di STIPAP, Yudha tidak hanya memperoleh ilmu teori, namun juga berkesempatan untuk melakukan berbagai praktik langsung yang sangat berguna di dunia industri.

BACA JUGA: Janji Airin: Penghafal Al-Quran di Banten Dapat Beasiswa Masuk Perguruan Tinggi

Setelah lulus, Yudha menerima tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit, membuktikan bahwa lulusan beasiswa BPDPKS tidak hanya memiliki kemampuan akademik tetapi juga siap terjun langsung ke lapangan.

“Pengalaman saya di STIPAP dan bekerja di perusahaan perkebunan membuktikan bahwa beasiswa BPDPKS tidak hanya membekali kami dengan ilmu, tetapi juga keterampilan praktis yang dibutuhkan di industri. “Ini merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan dan dukungan BPDPKS dapat membawa perubahan signifikan dalam kehidupan seseorang,” tambah Yudha.

Kisah sukses Yudha Oktia menjadi salah satu highlight talkshow tersebut, yang menegaskan komitmen Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan dan BPDPKS untuk menciptakan tenaga kerja mumpuni yang siap menghadapi tantangan di sektor perkebunan kelapa sawit.

Bunex adalah forum yang sempurna untuk berbagi kisah-kisah inspiratif, yang memotivasi banyak orang untuk mengejar pendidikan dan peluang yang tersedia.

Dengan berbagi pengalaman dan inspirasi, diharapkan semakin banyak calon penerima beasiswa BPDPKS yang termotivasi untuk memanfaatkan peluang yang ada dan berkontribusi terhadap pengembangan sektor perkebunan kelapa sawit di Indonesia. (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *