Imigrasi Bandara Soetta Siapkan Fast Track Untuk Tamu Kenegaraan

saranginews.com, JAKARTA – Beberapa tamu negara dari berbagai negara sahabat dijadwalkan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang digelar pada 20 Oktober 2024 di MPR/DPR RI, Jakarta. Beberapa perubahan dilakukan kantor imigrasi Kelas I TPI Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta Subki Miuldi mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan layanan imigrasi khusus untuk menerima pengunjung asal Tanah Air.

Persib Bandung Menang 2-0 di Persebaya Surabaya, Begini Penampilan Bojan Hodak

Layanan imigrasi VIP disediakan di beberapa lokasi seperti VIP Terminal 3, International Arrivals Terminal 3 dan CIP Terminal 1.

“Pemeriksa imigrasi telah diberitahu di setiap lokasi. Selain itu, layanan pendukung seperti Mobile BCM (Sistem Pengendalian Perbatasan) juga telah disiagakan,” kata Subki dalam siaran persnya, Sabtu (19/10).

BACA JUGA: Petugas Bandara Soetta Tindak 4 Warga Nigeria yang Ditangkap dalam Operasi Jagratara

Subki mengatakan, layanan khusus ini diperuntukkan bagi tamu negara setingkat kepala negara dan menteri, serta perwakilan dinas dan komunikasi yang mendampingi.

Ia juga menegaskan, pihaknya telah mempersiapkan segala hal untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan para pengunjung setibanya di Indonesia.

BACA JUGA: Penyelundupan Narkoba di Bandara Soetta Dihentikan Bea Cukai, Begini Operasi Penyelundupnya

Salah satunya dengan merencanakan imigrasi lebih cepat, serta pengamanan tertutup di berbagai titik strategis di bandara, ujarnya.

Beberapa tamu negara yang akan menerima layanan VIP tersebut antara lain kepala negara dari Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Vanuatu, Timor-Leste, Kepulauan Solomon, Serbia, Malaysia, dan Papua Nugini.

“Para pemimpin negara-negara tersebut akan menghadiri pelantikan sebagai perwakilan resmi negaranya,” jelasnya.

Selain kepala negara, beberapa perwakilan khusus dari berbagai negara juga akan hadir. Mereka berasal dari Turki, India, Inggris, Jepang, Kanada, Italia, Uni Emirat Arab, Mesir, Amerika Serikat dan Perancis.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai instansi terkait, Imigrasi Soekarno-Hatta siap menjadi pintu masuk utama para tamu terhormat dunia, untuk memastikan proses penerimaannya aman, nyaman dan sukses, ujarnya.

Tak hanya itu, beberapa negara juga mengirimkan wakil kepala pemerintahan, seperti wakil perdana menteri dari Selandia Baru, Rusia, Vietnam, Laos, China, Thailand, Australia, dan Qatar. Selain itu, Sekretaris Jenderal Dewan Sesepuh Muslim juga dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih tidak hanya menjadi momen penting bagi Indonesia, tetapi juga menjadi pusat perhatian dunia, tutupnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA… Pj Gubernur Jateng Dampingi Wapres Peluncuran Layanan JCH Express

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *