BPJS Ketenagakerjaan & Pemprov Babel Bersinergi Wujudkan Universal Coverage Jamsostek

saranginews.com, BANGKA BELITUNG – Layanan BPJS dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) bekerja sama mewujudkan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja tetap dan informasinya.

Audiensi dengan Pemda Babel, Direktur Strategi dan TI BPJS Ketenagakerjaan Zainudin mengungkapkan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah untuk bantuan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

BACA JUGA: Harpelnas 2024, Proyek BPJS Dekatkan Kemajuan Bagi Peserta.

Ditegaskannya, jaminan sosial kerja merupakan faktor penting untuk menunjang kepentingan nasional, melindungi kesejahteraan peserta, mencegah kemiskinan baru, dan memanfaatkan beasiswa bagi kemajuan pendidikan.

“Program yang bagus ini sekarang menjadi program nasional dan kami luncurkan bersama Kementerian Dalam Negeri yaitu Jamsostek Cakupan Semesta. Banyak daerah yang bagus, dan hari ini kami berkunjung ke Bangka Belitung, karena kami melihat potensi daerah bertambah luas, kata Zainudin dalam keterangan resminya, Rabu (5/9).

BACA JUGA: Kunjungan ke Gorontalo, Direktur Pelayanan BPJS Pastikan Kemudahan Pelayanan Bagi Peserta

Zainudin mengatakan, saat ini kepesertaan BPJS tenaga kerja di Bangka Belitung baru mencapai 33 persen.

Namun diharapkan pada akhir tahun partisipasi dapat meningkat hingga 55 persen dengan dukungan pemerintah daerah.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Dorong Pekerja Migran Menjadi Peserta Pelayanan BPJS

Zainudin mengatakan, Proyek BPJS bersama Pemda Bangka Belitung ke depannya akan terus berupaya menambah anggota, salah satunya dengan memajukan ekosistem desa di kawasan tersebut.

Zainudin mengatakan, total manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan di Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2023 hingga 2024 sebesar Rp332,7 miliar telah disalurkan kepada pekerja dan keluarganya.

Kami berharap manfaat luar biasa ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di Bangka Belitung akan pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Sekda Bangka Belitung itu, Zainudin memberikan penghargaan kepada Fornita Agustina Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan beasiswa sebesar Rp 813.634.460.

Fornita Agustina merupakan ahli waris Puskas Gianto, karyawan PT Gunung Sawit Bina Lestari yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja.

Bantuan II Perekonomian dan Pembangunan di Pemerintah Kabupaten Bangka Belitung Hartono menyambut baik kerja sama ini.

Menurut Hartono, manfaat Layanan BPJS dirasakan langsung oleh peserta dan keluarganya.

“Pemerintah daerah akan mendukung dan bekerjasama dengan Layanan BPJS terhadap berbagai program yang ditawarkan yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Bangka Belitung,” kata Hartono.

Ia menegaskan, Pemda Bangka Belitung terus berkoordinasi dan menyiapkan langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

“Apa yang kami lakukan untuk kepentingan bersama masyarakat Bangka Belitung, akan kami fasilitasi,” tegas Hartono.

Zainudin menambahkan dengan tersedianya Layanan BPJS, pegawai dan ahli waris dapat bekerja keras tanpa rasa khawatir.

“Karena layanan BPJS mengcover Anda,” pungkas Zainudin. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *