22 Kategori Penghargaan Siap Dibagikan di FFI 2024

saranginews.com, JAKARTA – Kamis (18/10), Panitia FFI 2024 Museum Vredeberg Yogyakarta akhirnya mengumumkan daftar calon Festival Film Indonesia (FFI) 2024.

Nominasi 22 kategori penghargaan Piala Citra FFI dan Kritik Film dibacakan oleh Duta FFI 2024 yaitu Dian Sastrowardoyo, Kamilia Andini, Lutesha dan Bryan Domani, Ketua Panitia FFI 2024-2026 Ario Bayu, serta a penampilan spesial oleh Bernadyi.

BACA JUGA: Kisah Jefri Nichol gali cuplikan Aku Jati, Aku Asperger

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid mengatakan, organisasi FFI yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu upaya pengembangan kebudayaan tanah air, khususnya di bidang perfilman.

“Sejak tahun 2021, kami konsisten menyelenggarakan festival-festival Indonesia dalam upaya mengembangkan ekosistem perfilman di Tanah Air. “Ini hasil kerja sama yang harus kita lanjutkan,” kata Hilmar.

BACA JUGA: Grave Torture raih nominasi terbanyak di FFI 2024

Direktur Film, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Mahendra mengucapkan selamat kepada para sineas nominasi FFI 2024.

Ia juga menambahkan, salah satu kekuatan ekosistem film Indonesia adalah keberagaman film produksi sineas lokal.

BACA JUGA: 5 Duta FFI Tahun 2024 Akhirnya Diumumkan

“Saat ini film Indonesia semakin beragam dan menjadi salah satu kebanggaan atas pencapaian ekosistem film Indonesia beberapa tahun terakhir. Saya optimis acara FFI ini akan semakin menguatkan perfilman tanah air,” jelas Mahendra.

Daftar nominasi kategori Film Cerita merupakan hasil seleksi dan evaluasi yang dilakukan oleh Citra FFI 2024 Academy.

Sebanyak 79 anggota Akademi Citra yang mewakili berbagai profesi perfilman bekerja sejak 28 September hingga 13 Oktober 2023.

Akademi Citra merupakan sutradara yang sebelumnya pernah menerima penghargaan Piala Citra di FFI.

Proses seleksi dan penjurian berlangsung secara online melalui website gedung bioskop FFI yang dapat diakses melalui website dan aplikasi, bekerja sama dengan Bioskop Online.

“Jumlah lagu yang didaftarkan pada Festival Film Indonesia tahun ini menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini membuktikan antusiasme yang besar dari para pencipta dan kritikus film serta menunjukkan kestabilan produksi film Indonesia dengan penguasaan pasar mencapai 61 persen,” jelas Budi Irawanto, Direktur Bagian Penjurian. FFI 2024-2026.

Sistem penjurian Festival Film Indonesia yang menjamin semangat partisipasi, meliputi penilaian dari berbagai pihak ekosistem perfilman Indonesia, Ikatan Pelaku Film, Anggota Citra Academy, Juri Nominasi, dan Juri Akhir yang akan menentukan Citra. Penghargaan piala. pemenang

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh calon atas dedikasi dan kontribusinya,” lanjutnya.

Penjurian tahap nominasi pada kategori film non-fitur (film pendek, film dokumenter pendek, film dokumenter berdurasi panjang, film animasi pendek, dan film animasi berdurasi panjang) dan kategori kritik film terus dikelola oleh pihak-pihak yang berkepentingan. asosiasi profesi yaitu KOPI, ADN, AINAKI dan KAFFEIN.

Seluruh proses penjurian dilakukan oleh juri terpilih dan didukung serta diawasi oleh Komite Penjurian dan Akuntan FFI.

Pengumuman daftar nominasi FFI 2024 dapat dilihat di channel Festival Film Indonesia.

Malam Penghargaan Piala Citra Festival Film Indonesia 2024 akan berlangsung pada 20 November 2024 dan disiarkan langsung secara online melalui akun YouTube Festival Film Indonesia. (ayah/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *