Lagu Adele, Bob Dylan, Hingga Green Day Tak Bisa Diputar di YouTube

saranginews.com – Lagu YouTube oleh Adele, Green Day, Bob Dylan, R.E.M, dan lainnya saat ini tidak diputar.

Pemblokiran lagu-lagu tersebut terjadi pada pengguna di Amerika Serikat (AS).

BACA JUGA: Adele Ungkap Rencana Rehat dari Dunia Musik

Larangan tersebut disebabkan oleh masalah hukum antara platform berbagi video tersebut dan SESAC, sebuah organisasi yang mengumpulkan dan mendistribusikan royalti kepada penulis lagu dan penerbit musik.

Tidak semua lagu dari artis tersebut, namun jika Anda mencoba memutarnya di YouTube, Anda akan mendapat peringatan yang mengatakan “Video ini berisi materi SESAC. Video ini tidak tersedia di negara Anda.”

BACA JUGA: Gandeng Shopee, Program Afiliasi YouTube Shopping resmi diluncurkan di Indonesia

Juru bicara YouTube mengatakan kepada Variety bahwa perusahaan tersebut telah melakukan negosiasi yang baik dengan SESAC mengenai pembaruan perjanjiannya, namun tidak dapat mencapai kesepakatan sebelum perjanjian tersebut berakhir.

“Kami menangani hak cipta dengan serius, dan akibatnya, konten yang disediakan SESAC tidak tersedia di YouTube di AS. Kami sedang berdiskusi aktif dengan SESAC dan berharap dapat segera mencapai kesepakatan baru,” kata YouTube. perwakilan.

UPDATE: Alasan Baim Wong menghapus konten YouTube istrinya terungkap.

YouTube juga merilis pernyataan melalui akun resmi X bahwa beberapa lagu dilarang di Amerika Serikat.

“Perjanjian lisensi musik kami dengan SESAC, meskipun kami telah berupaya sebaik mungkin, telah berakhir tanpa kesepakatan mengenai persyaratan pembaruan. Oleh karena itu, kami telah memblokir konten YouTube yang diketahui terkait dengan SESAC di AS sesuai dengan undang-undang hak cipta,” – kata YouTube. dalam pernyataan itu.

Sementara itu, perwakilan SESAC tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Variety.

Organisasi hak cipta di Amerika Serikat, seperti ASCAP, BMI, dan SESAC, mengumpulkan royalti dan membantu melindungi hak cipta atas nama penulis lagu dan penerbit musik.

Mereka mempunyai kemampuan untuk memblokir pertunjukan musik tertentu dari masyarakat, termasuk siaran online dan radio, meskipun upaya tersebut sulit dan sulit untuk ditegakkan.

Pemblokiran seperti ini biasa terjadi ketika pemegang hak seperti label rekaman, penerbit, PRO, dan lembaga penyiaran tidak dapat menyetujui perjanjian lisensi. (berbagai/semut/jpnn)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Adele sedang dihubungi oleh fans di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *