Kemendikbudristek Luncurkan ONE APP untuk Bantu Dosen dan Tenaga Pendidik Kuliah ke Luar Negeri

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) baru-baru ini menggelar Soft Launching Pathway Tahap 2 atau Online English Language and Academic Preparation Program (ONE APP) secara daring.

ONE APP ini merupakan kelanjutan dari Pathway Program Fase 1 yang merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bekerja sama dengan USAID Indonesia.

BACA JUGA: USAID TEMAN LPDP menawarkan beasiswa ke Amerika untuk pelajar Indonesia

Kemitraan ini tercipta melalui program LPDP TEMAN bagi dosen yang ingin belajar di luar negeri melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

 Indeks Kemahiran Bahasa Inggris Pertama Pendidikan 2023 Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Indonesia saat ini berada pada peringkat 79 dari 113 negara, dan tingkat kemampuan bahasa Inggrisnya masih rendah,” kata Sekretaris Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbud. Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Saryadi dalam sambutannya.

BACA LEBIH BANYAK: Menteri LHK Siti Nurbaya serukan delegasi USAID bebaskan Orang Utan dari TNTP

Ia berharap ONE APP mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris calon penerima beasiswa BPI dan membantu mereka menemukan universitas berkualitas.

Saryadi berharap para dosen dan dosen yang melanjutkan studi di perguruan tinggi luar negeri akan memberikan pengaruh yang besar ketika kembali ke daerahnya dan tentunya berkontribusi bagi pembangunan Indonesia. 

BACA JUGA: Senator Filep menyerukan USAID untuk bekerja sama mengatasi kemiskinan ekstrem dan ketidakaktifan di Papua

“Saya juga berharap ONE APP yang merupakan kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek dan USAID Indonesia melalui TEMAN LPDP dapat membuka jalan bagi mereka yang diharapkan dapat menerima beasiswa di universitas-universitas Amerika. Selain itu, akan membuka peluang kerja sama antara universitas Indonesia dan universitas Amerika.

Bersamaan dengan itu, Direktur Tenaga Pengajar dan Pendidikan Dasar, Mendikbud Ristek Rachmadi Widihar menerima ONE APP.

Meski banyak tantangan dalam mempersiapkan peserta studi ke luar negeri, namun ia berharap APP ONE dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta.

 Oleh karena itu, Rachmadi berpesan kepada seluruh peserta untuk memiliki semangat juang yang tinggi dan berperilaku baik dalam semua program yang dijalankan.

“Kami mengucapkan selamat atas berjalannya program ONE APP. Berdasarkan program Pathway tahun lalu, lebih dari 26 peserta berhasil menyelesaikan studi doktoralnya di luar negeri, dan sebagian besar melanjutkan studi di Amerika Serikat melalui BPI. “Hal ini tidak lepas dari kerja sama semua negara, dan yang jelas adalah semangat dan motivasi peserta, dukungan keluarga dan civitas akademika di masing-masing kampus tempat peserta tersebar mulai dari Aceh hingga Papua,” ujarnya.

Sementara itu, Anton Rahmadi, Kepala Pusat Keuangan Pendidikan Tinggi (HEFC) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengatakan bahwa dengan ONE APP, kita dapat mengulangi kesuksesan Program Jalan Tahap 1. hampir. seluruh peserta dapat belajar di luar negeri pada universitas yang sesuai dengan pendidikannya.

 “Pada saat kita melaksanakan program Jalan tahap kedua, kita ingin memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan tidak perlu menunggu waktu untuk bepergian ke luar negeri, namun kita mempersiapkannya dengan baik,” tutupnya. (lantai/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *