Gandeng KETR, ION Network Manfaatkan Jalur FO Jayabaya untuk Perkuat Layanan di Jawa

saranginews.com, BALI – ION Network (ION) melalui anak usahanya PT Jejering Mitra Persada menggandeng PT Ketrosden Triasmitra (KETR) untuk memanfaatkan jalur kabel serat optik Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut Jakarta Surabaya (SKKL Jayabaya). program IRU).

Pada Senin (26/8) malam, ION Network dan PT Jejering Mitra Persada menandatangani Nota Kesepahaman di Stone Hotel Kuta, Bali, yang semakin mempererat kerja sama.

Baca juga: KKP-Telkom menghimbau pelaku perikanan fokus pada jalur kabel bawah laut ini

Kemitraan ini bertujuan untuk memenuhi permintaan layanan internet yang terus meningkat di Pulau Jawa.

Ricky Simanjuntak, Direktur Komersial ION, mengatakan pesatnya perkembangan TI dan multimedia menjadikan Internet sebagai alat media, memainkan peran yang sangat penting dalam industri telekomunikasi dan bidang lainnya.

Baca juga: Telkom Group genjot proyek kabel laut

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan jumlah pelanggan yang dimiliki ION Network (ION) dan meningkatnya permintaan pelanggan terhadap layanan telekomunikasi.

Menurut dia, peningkatan tersebut semakin parah pasca mewabahnya Covid-19 yang memaksa mereka melakukan kegiatan tatap muka melalui pertemuan daring atau online, sehingga menghindari pertemuan tatap muka guna menghindari penyebaran penyakit lebih lanjut.

Baca Juga: Kabel Kapal Selam Bangka-Samsel Bikin Kekuatan Muntok Makin Terang

“Pemilihan layanan SKKL Jayabaya Tryasmitra Group ini sejalan dengan upaya pengembangan bisnis kami, khususnya di wilayah Pulau Jawa yang permintaannya berkembang pesat,” kata Rickey dalam siaran pers, Selasa.

Ia mengatakan, ke depan peningkatan layanan akan dilakukan tidak hanya di Pulau Jawa, namun juga berdasarkan kebutuhan pelanggan di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jejering Mitra Persada Dani Samsul Ependi mengatakan kemitraan dengan ION sangat strategis bagi mereka.

“Kami berharap kehadiran SKKL Jayabaya dapat memperkuat infrastruktur telekomunikasi khususnya di wilayah Jawa,” kata Danny.

SKKL tersebut mencakup Jawa Barat dan Timur dengan 4 lokasi pendaratan di Tanjung Pakis Karawang, Cirebon, Kendal dan Banyu Urip Gresik.

Dengan bertambahnya ION sebagai salah satu pelanggan, maka utilitas SKKL Jayabaya hampir selesai.

“Dengan sistem IRU 2 inti (1 pasang), ION dapat memanfaatkan kemampuan SKKL Jayabaya menggunakan teknologi Remote Optical Pump Amplifier (ROPA) untuk menghasilkan kapasitas 9 terabit per detik (Tbps/FP),” tambah Danny. (DD/Jepang)

Baca artikel lainnya… Empat pulau dihubungkan dengan kabel bawah laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *