BTN Beri Dukung Lengkap dari Pembiayaan Hingga Bazaar UMKM BUMN di Sarinah

saranginews.com, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (BTN) berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Kali ini, selain pendanaan, BTN juga mendukung Bazaar UMKM BUMN bertajuk BerKRIYAsi yang digelar di LG Sarinah, Jakarta pada 17 hingga 20 Oktober 2024.

Baca juga: BTN Syariah Gelar Transaksi KPR Tapera Syariah Masif di Jember, Permudah Kepemilikan Rumah Masyarakat

Bazar Amal UMKM BUMN BerKRIYAsi merupakan acara yang diselenggarakan Kementerian BUMN untuk mendukung pemberdayaan UMKM dan memajukan perekonomian nasional.

Bazaar tersebut menampilkan berbagai jenis UMKM dan dianggap sebagai wadah bagi mereka untuk menampilkan dan menjual produk barunya.

Baca Juga: PT Pegadaian Ikut Mendorong Perkembangan UMKM Sektor Kerajinan Tangan melalui KRIYAsi

Tujuan dari penjualan amal ini juga untuk memajukan usaha kecil, menengah dan kecil serta memajukan perekonomian nasional.

CEO BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mendukung pengembangan UMKM melalui penyediaan platform pembiayaan, pendampingan, dan promosi.

Baca Juga: Muchlas Rowi diangkat menjadi Komisaris Independen Jamkrindo

Hingga saat ini BTN telah membiayai dan membina berbagai UMKM mulai dari usaha rumahan hingga rumah tangga.

“Sebagai BUMN, BTN tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan UMKM sehingga dapat membantu mendukung pertumbuhan perekonomian negara,” kata Nixon.

Pada Bazar KRIYAsi, BTN juga memamerkan berbagai jenis UMKM antara lain yang bergerak di bidang batik, aksesoris, tenun plastik daur ulang, eco-printing dan fashion work, pernak pernik, tas rotan, perhiasan dan furniture.

BTN menawarkan diskon hingga 74% untuk transaksi yang dilakukan melalui btnmobile.

Peran BTN dalam pengembangan UMKM adalah menyalurkan kredit komersial (KUR) kepada masyarakat.

Pada semester I 2024, KUR BTN meningkat 101,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai Rp 2,4 triliun.

Lima daerah penyumbang terbesar penyaluran KUR BTN antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Banten.

BTN juga menerapkan tiga strategi besar untuk meningkatkan kredit KUR pada tahun 2024.

Ketiga strategi tersebut adalah memperbanyak jumlah KUR menjadi 300, memfokuskan KUR pada usaha kecil terkait lingkungan perumahan, dan digitalisasi proses KUR (BTN LAKU) untuk mempercepat proses utang.

Sementara itu, selain Sarinah, Bazar KRIYAsi UMKM juga akan digelar di Makassar pada tanggal 24 hingga 27 Oktober 2024 di Trans Studio Mall Makassar. (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *