Volvo Ungkap Gambar Resmi Calon Sedan Listrik Terbarunya

saranginews.com – Volvo telah mengungkap gambar resmi pesaing sedan listrik terbarunya, Volvo ES90, yang akan tersedia pada tahun 2025.

Mobil listrik tersebut akan lama setara dengan S90, bersaing dengan BMW i5 dan Mercedes-Benz EQE di kelas sedan listrik besar.

BACA JUGA: SUV Listrik Volvo EX30 meluncur di GIIAS 2024, Bidik Segmen Premium

Volvo memperkenalkan mobil tersebut dalam sebuah video pendek di akhir acara ’90/90 hari’ di Gothenburg, Swedia.

Acara tersebut seharusnya menjadi kesempatan pengiriman pertama SUV listrik EX90 dan versi baru XC90 dengan mesin pembakaran.

BACA JUGA: Volvo EM90, MPV Elektrik untuk Eksekutif, Ini Harganya

Video tersebut tidak memperlihatkan sedan listrik tersebut secara detail, tetapi mengambil isyarat desain yang jelas dari EX90.

Meski detail resminya belum diungkap, ES90 diketahui menggunakan platform listrik khusus yang sama yang dikembangkan Volvo seperti EX90 baru.

BACA JUGA: Volvo berjanji tidak akan menjual mobil diesel pada tahun 2030

Artinya mobil tersebut akan mampu menggunakan sejumlah sistem software dan teknologi canggih.

Menurut rincian yang bocor sebelumnya, ES90 akan memiliki panjang sekitar lima meter dan akan ditawarkan dengan penggerak roda belakang bermesin tunggal dan penggerak semua roda bermesin ganda.

Energi dihasilkan oleh baterai 111kWh (dapat digunakan 107kWh), sama dengan EX90.

Model baru ini akan diproduksi di pabrik perusahaan induk Volvo, Geely, di Tiongkok dan dikembangkan dengan fokus pada pasar ini, di mana permintaan terhadap sedan mewah sangat tinggi.

Namun, model ini juga akan dijual di pasar lain, termasuk Inggris, di mana kemungkinan besar model ini akan menjadi landasan produksi merek tersebut dalam jumlah kecil. (otomatis/jpnn)

BACA PASAL BERIKUTNYA… Renault dan Volvo sedang mengembangkan van listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *