Shin Tae Yong: Kami akan Membuat Banyak Kejutan

saranginews.com – JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut timnas saat ini berbeda dengan sebelumnya.

Shin yakin Garuda bisa tampil mengejutkan di kompetisi Asia pada tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ikut Arab Saudi, Jokowi: Kita Patut Bangga

Usai bermain imbang 1-1 dengan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin mengatakan pada konferensi pers: “Timnas Indonesia saat ini berbeda dari sebelumnya, dan kami akan memiliki banyak kejutan dalam beberapa tahun ke depan di AFC. kompetisi. Kami akan melakukan apa pun yang kami inginkan.” , dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Jumat (6/9).

Shin mengaku memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap setiap pemain dan seluruh tim.

Baca Juga: Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi, Komentar Shin Tae-yong

Melihat kualitas skuad yang ada saat ini, juru taktik asal Korea Selatan itu yakin Timnas Indonesia bisa bersuara banyak di level Asia.

“Kami akan terus berperan aktif dalam mencapai tujuan kami,” kata Shin.

Baca Juga: Arab Saudi Ditarik dari Timnas Indonesia, Roberto Mancini Disalahkan

Timnas Indonesia, baik permainan maupun pemainnya, benar-benar berbeda saat Shin Tae-yong masih memimpin.

Shin tak segan-segan “memotong generasi” timnas dengan memberikan kepercayaan kepada generasi muda untuk bermain di tim senior, Pratama Arhan, Asnavi Mankulam, Rizky Rideau, Hernando Ari dan lainnya.

Kemudian ia juga tentu mencari pemain asal Indonesia di luar negeri yang tentunya harus memiliki kemampuan sepak bola yang baik.

Sejak menjadi pelatih timnas Indonesia, Shin telah memboyong setidaknya 14 pemain keturunan Indonesia ke timnas, antara lain Jordi Amat, Sandy Walsh, Jay Ides, Ragnar Oratmangoen, Shane Pattinama, Raphael Struik, dan Justin Hubner.

Mereka memiliki kualitas yang tidak biasa karena bermain untuk klub-klub top Eropa, seperti FCV Dender dari Belgia, Sandi Walsh dari KV Mechelen serta Belgia dan Jay Eadez dari Venezuela. Kompetisi. A. Jay Idzes merupakan pemain pertama asal Indonesia.

Sementara itu, dari segi kesuksesan, Shin juga mencatatkan sejumlah rekor untuk timnas Indonesia, yakni membawa Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk pertama kalinya sejak 1986.

Setelah itu, Indonesia meraih dua Piala Asia berturut-turut, pada 2023 dan 2027. Sebelumnya, Indonesia pernah mengikuti Piala Asia pada tahun 2007.

Selain itu, Indonesia menorehkan sejarah dengan lolos ke babak 16 besar Piala Asia AFC 2023.

Shin juga mengantarkan Indonesia ke semifinal Piala Asia AFC U-23 2023.

Piala Asia AFC U-23 2023 menjadi turnamen pertama Indonesia sejak gagal lolos ke turnamen tersebut.

Shin Tae-yong pun mendongkrak peringkat FIFA Indonesia dari peringkat 173 menjadi peringkat 133 pada peringkat terbaru Juli 2024.

Terbaru, Shin membawa Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 di Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 WIB wilayah Asia, Jumat dini hari, mengalahkan tuan rumah Arab Saudi untuk menduduki peringkat 56 FIFA. Stadion Kota Olahraga Raja Abdullah. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *