Pagar Nusa Mesir Resmikan Warga Baru Angkatan 3, Gus Nabil Haroen Tekankan Pentingnya Diaspora

saranginews.com, JAKARTA – Pimpinan Sektor Khusus Mesir (PCI) resmi menyetujui warga negara baru generasi ketiga pada Sabtu, 19 Oktober 2024, dalam acara yang digelar di Aula PCINU Kamar Dagang dan Industri Mesir di Kairo.

Acara yang dimulai pukul 08.30 itu dihadiri dua orang penting, DPRD Jombang Ainurrofik Al Amin dan Kepala Pemerintahan Pusat Pagar Nusa Gus Nabil Haroen.

BACA JUGA: Ini Pesan Gus Salam kepada GP Ansor, Banser dan Pagar Nusa Soal Likuidasi MLB NU.

KH Ainurrofiq Al Amin hampir hadir untuk memberikan ijazah dan pendidikan kerohanian kepada anggota baru.

Menurutnya, pelatihan tersebut bertujuan untuk memperkuat landasan spiritual para anggota yang tidak hanya kuat secara fisik tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Puluhan Ribu Anggota Banser dan Pagar Nusa Ikrar Setia kepada NKRI dan UNKIA

Seusai pembinaan rohani, Gus Nabil Haroen pun langsung hadir untuk mengucapkan baiat kepada penghuni baru PCI Pagar Nusa Mesir.

Dalam upacara tersebut, Gus Nabil mengajak para anggota baru untuk menyerap nilai-nilai luhur Pagar Nusa yang diwarisi Nahdlatul Ulama.

“Kalian adalah generasi penerus yang berani mengikuti jejak generasi sebelum kalian, yang tidak hanya menguasai gerak-gerak penka silat, namun juga telah menyerap kekuatan spiritual para wali,” kata Gus Nabil.

Gus Nabil juga menekankan pentingnya peran diaspora Indonesia di luar negeri, khususnya Pagar Nusa Mesir.

“Menjadi anggota Pagar Nusa di luar negeri, khususnya di Mesir, bukanlah suatu hal yang mudah. ​​Anda berada di garda depan di negara yang banyak tantangannya, jauh dari kampung halaman,” kata Gus Nabil.

Ditegaskannya, para anggota baru tidak hanya harus menjadi santri-santri terbaik Al Azhar saja, namun juga mampu menjadi duta nasional dan Pagar Nusa sebagai penjaga nilai-nilai kebangsaan dan keislaman di kancah internasional.

Gus Nabil juga mengingatkan para pejuang bahwa Pagar Nusa adalah benteng yang menjaga kehormatan agama, bangsa, dan negara.

Ditegaskannya, setiap langkah, upaya, dan pelatihan yang dilakukan para anggota baru merupakan bagian dari perjalanan panjang untuk menjaga harkat dan martabat serta nilai-nilai yang diwarisi para pendiri Pagar Nusa.

Selain itu, Gus Nabil menegaskan perjuangan Pagar Nusa berada di luar namun harus terus berlanjut di dalam diri anggotanya.

Jalan ini penuh tantangan dan pengorbanan, namun juga penuh kehormatan. Gus Nabil mengatakan, “Jadilah pejuang sejati, tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga tekun, cerdas dan bijaksana.

Acara pengukuhan diakhiri dengan pembacaan ikrar anggota baru dan penyerahan lambang resmi Pagar Nusa kepada mereka yang mengucapkan sumpah setia.

Dengan disetujuinya warga baru ini, PCI Pagar Nusa Mesir berharap dapat melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya, sekaligus memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional melalui tenaga kerja diaspora yang kuat dan berpikiran adil. /jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *