Mobil Listrik GM Kemungkinan Pakai Baterai Buatan Tiongkok

saranginews.com – GM sedang mempelajari kemungkinan pengadaan baterai untuk kendaraan listrik dari China, menurut Amperex Technology Co.

Namun, alih-alih memproduksi baterai di Tiongkok, memproduksinya di Amerika Serikat akan mengurangi risiko geopolitik dan meningkatkan kemampuan manufaktur lokal.

BACA JUGA: GM akan membayar denda Rp 2,3 triliun karena emisi gas

GM kemungkinan akan mendapatkan baterainya dari pabrik yang dioperasikan oleh TDK Corp Jepang.

Fasilitas tersebut, yang dapat dibangun di Amerika Serikat bagian selatan, menjanjikan akan menciptakan lebih dari 1.000 lapangan kerja baru dan memperkuat perekonomian lokal.

BACA JUGA: Mobil Listrik MG Bakal Dibekali Baterai Solid State, Apa Keunggulannya?

Bloomberg melaporkan bahwa TDK akan melisensikan teknologi CATL untuk membuat sel litium besi fosfat sebagai bagian dari kesepakatan tersebut.

Sementara itu, Ford telah berkomitmen untuk menghabiskan $3,5 miliar untuk pabrik baterai di Michigan yang menggunakan teknologi CATL.

BACA SEMUA: Bersiaplah, Citroën akan menjadikan C5 Aircross sebagai mobil listrik

GM berencana untuk menghindari penyertaan modal dalam usaha patungan tersebut.

Strategi ini dapat membantu GM menghindari kemungkinan pengawasan dari anggota parlemen AS yang khawatir mengenai investasi asing di bidang teknologi utama.

Dengan beroperasi berdasarkan kontrak pasokan, GM dapat memperoleh sel LFP dari TDK dengan harga tetap selama jangka waktu perjanjian jangka panjang.

Pendekatan ini tidak hanya akan menyelamatkan GM dari biaya tinggi, namun juga melindunginya dari fluktuasi harga baterai.

GM menolak berkomentar mengenai hal ini dan belum mengkonfirmasi proyeknya sambil menunggu hasil pemilihan presiden bulan November mendatang.

“Strategi kendaraan listrik difokuskan pada perancangan produk yang terus mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan melokalisasi produksi. Teknologi baterai adalah pendorong utama strategi ini,” kata sumber GM. (rdo/jpnn)

Baca artikel lainnya… Bersiaplah, Mazda akan menghadirkan mobil listrik dan hybrid ke Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *