Menteri Anas Ungkap Arahan Presiden Jokowi Soal Pemindahan ASN ke IKN

saranginews.com – JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas memberikan update mengenai pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur.

Menurut Menteri Anas, pengalihan ASN ke IKN menunggu selesainya pembangunan infrastruktur.

BACA JUGA: Jokowi: ASN Jangan Alergi Teknologi dan Digitalisasi

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin terburu-buru mengambil keputusan mutasi ASN ke IKN karena masih menunggu digitalisasi selesai.

“Karena kalau ASN ke IKN, bukan sekedar pindah kantor, tapi mengubah budaya digital. Jadi produk elektronik dan lainnya akan lengkap,” kata Menteri Anas saat berpidato di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3) / 9).

BACA JUGA: Begini Ucapan Raja Juli Soal Rencana Migrasi ASN ke IKN

Menteri Anas mengatakan, rumah-rumah ASN siap ditempati oleh para sesepuh yang mulai sedikit demi sedikit pindah ke sini.

Namun, dia mengatakan Presiden Jokowi sudah memberi perintah agar pemindahan ASN ke kantor di IKN menunggu persiapan kantor dan sistem digital.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024, Menteri Anas: Tersedia 250.407 Formulir untuk Fresh Graduate

Saat ditanya kembali mengenai penghentian migrasi ASN dari rencana awal pada September, Anas mengaku keputusan tersebut masih menunggu penyelesaian rumah dan kantor.

Presiden Jokowi sebelumnya sempat mengatakan menunggu bandara di IKN siap dan siap digunakan sebelum memastikan akan pindah ke tempat lain dan berkantor di IKN.

“Kita tunggu proyek ini dan kita tunggu rumah dan kantornya selesai. Kemarin Menteri Pekerjaan Umum dan Otoritas mengatakan ada penundaan karena cuaca, jadi bandaranya belum selesai,” Menteri kata Anas. .

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menyatakan tidak ingin memaksakan migrasi AASN ke IKN seperti yang direncanakan pada September mendatang, kecuali dirinya siap.

“Rencananya masih cerah, tapi lihat lagi ke sini. Sekali lagi kita tidak mau memaksa, kita tidak mau memaksa,” kata Presiden Jokowi pada Agustus lalu.

Presiden mengatakan, relokasi ASN direncanakan di permukaan tanah, seolah-olah rusun ASN siap ditempati. (antara/jpnn) Sudah lihat video terbaru di bawah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *