Mbak Rerie Dorong Sertifikasi SDM Pariwisata untuk Pengembangan Destinasi Wisata

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan sertifikasi sumber daya manusia (SDM) penting untuk mengoptimalkan kreativitas pengembangan destinasi wisata guna meningkatkan minat masyarakat berkunjung.

Hal tersebut diungkapkan Lestari Moerdijat saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Standar Kompetensi dan Sertifikasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertema Pentingnya Standar dan Sertifikat SDM Pariwisata yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Direktorat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kompetensi. Standardisasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Biro Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Museum Bahari, Jakarta, Jumat (30/8).

BACA JUGA: Lestari Moerdijat mengatakan pemahaman budaya mendorong anak untuk menghasilkan ide

“Saat ini kita sedang menghadapi peluang di depan mata yang dapat menjadikan daerah kita menjadi destinasi wisata yang strategis. Destinasi wisata yang menarik membutuhkan sumber daya manusia yang memenuhi standar dan bersertifikat,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ujang Sobari (pakar muda Adyatama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Nova Paloh (anggota DPRD Daerah Khusus Jakarta), Gumilar Ekalaya (Kepala Balai Diklat dan Sertifikasi Profesi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daerah Khusus Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Jakarta), Veronica Tan (ketua Yayasan Mitra Museum Jakarta) dan pengelola museum di Jakarta.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Sebut Proses Legislasi RUU PPTT Harus Terus Berjalan

Standarisasi sumber daya manusia di bidang pariwisata merupakan langkah penting, menurut Lestari.

Selain itu, kata Rerie, sapaan akrab Lestari, negara tetangga seperti Vietnam, Filipina, dan Myanmar mulai menyasar sektor pariwisata mewah dan swasta yang dijalankan oleh para pekerja.

BACA JUGA: Menteri Siti Nurbaya: Pemerintah mengapresiasi inisiatif Sustainable Awards

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berupaya meningkatkan upaya pemerataan sertifikasi sumber daya manusia pariwisata di tanah air, kata Rerie.

Menurut Rerie, Jakarta yang tak lagi berstatus ibu kota, sebenarnya memiliki potensi wisata yang bisa berperan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Sebab, tambahnya, Jakarta mempunyai kapasitas yang cukup untuk mendukung pariwisata. Berbagai destinasi wisata seperti museum didukung dengan fasilitas infrastruktur yang baik.

Untuk meningkatkan daya tarik museum, jelas anggota Dewan Tinggi Partai NasDem itu, perlu pula adanya standar sertifikasi pengelolaan SDM.

Dengan demikian, tambah Rerie, pengelola museum mampu menghadirkan museum sebagai destinasi wisata yang ramah dan menyenangkan sehingga akan dikunjungi lagi dan lagi oleh pengunjung.

“Museum mempunyai banyak ciri yang menarik, tergantung seberapa kreatif pengelolanya dalam mengkomunikasikan objek-objek museum yang menarik kepada masyarakat,” pungkas Rerie. (Jepang)

BACA PASAL KEDUA… Cegah Pemalsuan, Lestari Moerdijat Serukan Perlindungan HKI Motif Batik Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *