Kemendikbudristek Dukung AMI Awards 2024 sebagai Apresiasi Karya Terbaik Musisi Indonesia

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan mengevaluasi dan mendukung Indonesia Music Awards (AMI) 2024 melalui Departemen Film, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan.

AMI Awards ke-27 ini digelar dengan mengusung tema “Musik Generasi Baru” sebagai wujud apresiasi terhadap pesatnya perkembangan industri musik tanah air dengan berbagai genre dan referensi, serta transformasi publikasi lagu dari bentuk fisik ke bentuk digital.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2023: Yura Unita dan Raim Laode Raih Trofi

Ahmad Mahendra, Direktur Film, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menilai musisi Indonesia dari berbagai generasi turut berkontribusi mengisi khazanah genre musik nasional.

Menurut Mahendra, kontribusi musisi nasional melalui kreativitas dan kreatifitasnya pasti akan berdampak besar dalam memperkuat ekosistem musik Indonesia.

BACA JUGA: Angi Maritto masuk nominasi AMI Awards 2023 bersaing dengan Raisa dan Mahalini

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung musisi dan segala macam event musik di Indonesia, kata Mahendra dalam keterangannya, Selasa (15/10).

Lebih lanjut Mahendra menjelaskan, keikutsertaan dan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam AMI Awards merupakan bukti kerja keras para musisi yang berupaya menghasilkan karya terbaiknya.

– Bakat dan kreativitas musisi Indonesia menjadi landasan bagi pengembangan seni musik nasional menuju kesejahteraan masa depan. “Dari dulu hingga generasi baru sekarang, musik telah membuka ruang untuk mengekspresikan kehidupan di semua lapisan masyarakat,” kata Mahendra.

Terakhir, Mahendra menyampaikan harapannya agar AMI Awards terus meningkatkan potensi musisi Tanah Air untuk mengembangkan industri musik tanah air.

Ia mengimbau para penerima penghargaan AMI untuk terus berkarya.

Presiden AMI Candra Darusman mengatakan, antusiasme para musisi terhadap AMI Awards ke-27 dimulai sejak pendaftaran lagu secara online dimulai pada 6 Mei hingga pendaftaran ditutup pada 6 Juli.

Tahun ini, 5.046 lagu terdaftar sebagai single dan album yang dirilis secara komersial antara 1 Juli 2023 hingga 30 Juni 2024, kata Kandra.

Sesi Kategorisasi Produksi dan Dukungan AMI yang berlangsung pada tanggal 5 Juli hingga 24 September 2024 dan dilaksanakan secara luring dan daring, menghasilkan 62 kategori pada AMI Awards tahun ini.

“Selama 27 tahun, AMI selalu memberikan wadah untuk lebih mengembangkan musik dan musisi baru, tidak pernah melupakan para pendahulunya,” pungkas Kandra.

AMI Awards merupakan inisiatif dari AMI Foundation, sebuah organisasi independen yang bertujuan untuk memberikan penghargaan tertinggi kepada musisi kreatif Indonesia yang berprestasi.

Simak hasil nominasi dan kategori, serta berbagai informasi lainnya terkait AMI Awards, di Instagram @amiawards. (mar1/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *