Timnas Indonesia Kalah dari China, Menpora Dito Apresiasi Permainan Skuad Garuda & Tetap Optimistis

saranginews.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejo memuji permainan timnas Indonesia yang saat ini berjuang di babak ketiga Grup C zona Asia untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

Meski mendapat hasil akhir, tim besutan Shin Taeong kalah 1-2 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam.

Baca juga: Kemenpora sambut Cross Country XXIX Jawa-Bali 2024 di Sumedang

Dua gol kemenangan China dicetak Baihelamu Abudouali pada menit ke-21 dan Zhang Yuning menit ke-44, disusul gol Tom Haye pada menit ke-86.

Timnas Indonesia sangat menguasai permainan, serangan mereka sangat bagus, bahkan penguasaan bola 76% dan harus diapresiasi dari permainan, tapi kami kurang beruntung, kami terhitung sebelum kebobolan dua gol. Ada kelemahan dalam gol Tom Haye, kata Menteri Pemuda dan Olahraga Ditto.

Baca juga: Forum Kosu

Lebih lanjut, Menteri Pemuda dan Olahraga Partai Golkar itu mengaku menunggu analisis PSSI untuk melihat apakah partainya punya harapan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Kekaguman terhadap Menpora ditto bukan tanpa alasan. Pasalnya, China diyakini menjadi salah satu negara terkuat di sepak bola Asia dan masuk dalam 100 besar FIFA. “China negara kuat, di grup kita jauh, tapi performa timnas Indonesia menurut statistik 76% penguasaan bola, jadi ini langkah yang sangat bagus dalam pertandingan,” ujarnya.

Baca juga: Wahid Foundation Sebut Dito Ariotejo Beri Suasana Baru di Kemenpora.

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C Zona Asia, Timnas Indonesia masih menyisakan enam pertandingan, empat di antaranya dalam persiapan.

Pada tahun tersebut Pada 14 November 2024, tim Garuda akan menjamu Jepang di Indonesia dan pada 19 November 2024 mendapat giliran menjamu Arab Saudi. Pada tahun tersebut Giliran timnas akan bertandang ke Australia pada 20 Maret 2025 dan selanjutnya kembali ke Indonesia untuk bermain melawan Bahrain pada 25 Maret 2025.

Timnas Indonesia akan menghadapi China pada 5 Juni 2025 di Indonesia, dan bertandang ke Jepang pada 10 Juni 2025 untuk laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C. .

“Kita harus positif untuk memenangkan enam pertandingan tersisa. Tidak mudah bagaimana kita meningkatkan setiap pertandingan, tapi kita harus selalu melakukannya dengan persiapan yang tinggi dan dengan kepemimpinan timnas saat ini. Optimislah,” kata Menpora. (dkk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *