Banjir Bandang di Bangladesh Sudah Menewaskan 52 Orang

saranginews.com, DHAKA – Korban tewas akibat banjir di Bangladesh timur dan tenggara bertambah menjadi 52 orang setelah 21 jenazah ditemukan pada Kamis (29/8).

Menurut pihak berwenang setempat, mayat-mayat itu ditemukan setelah air surut di beberapa bagian kawasan.

BACA JUGA: Banjir Menewaskan 16 Orang, 3 Hilang

Hingga 21 Agustus, banjir telah berdampak pada 5,4 juta orang di 11 kabupaten di provinsi timur dan tenggara, menyebabkan 1,2 juta keluarga mengalami kesulitan akses, kata KM Ali, sekretaris tambahan Kementerian Penanggulangan Bencana dan Bantuan Reza dalam konferensi pers di Dhaka pada hari Kamis.

Banjir memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka dan mencari perlindungan.

BACA JUGA: Febry Kharijadi Absen Musim karena Cedera ACL, Banjir Bantuan Pemain Persib

Sementara itu, lahan pertanian dan peternakan ikan juga hancur, menurut pejabat yang terkena dampak.

Perkembangan lainnya, pemerintah Inggris menyatakan akan memberikan tambahan bantuan kemanusiaan senilai 450.000 poundsterling atau sekitar Rp 9,1 miliar untuk membantu lebih dari 36.000 orang yang terkena dampak banjir di wilayah timur Bangladesh.

BACA JUGA: Dua desa di Ternate terendam banjir dan tujuh orang meninggal dunia

Pemerintahan transisi, yang dipimpin oleh peraih Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2006 Muhammad Yunus, melanjutkan misi penyelamatan dan bantuan.

Pemerintahannya mengusulkan pembentukan komite banjir gabungan pekan lalu setelah bencana tersebut menyebabkan kerusakan parah dan membuat orang-orang mengungsi di negara bagian Tripura di India timur laut dan Bangladesh timur.

Para pejabat Bangladesh juga mengatakan permukaan air di sungai Gumti dan Mukhuri yang mengalir melalui wilayah tersebut meningkat setelah pintu air Danau Dumber di Tripura dibuka.

Bangladesh juga menuduh India membuang air dari sungai-sungainya tanpa peringatan sebelumnya ke Dhaka. Namun, New Delhi membantah adanya air yang keluar dari bendungan tersebut.

Bangladesh dan India berbagi hulu setidaknya 54 sungai yang sumbernya terletak di India. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… BNPB: 698 orang terdampak banjir di Bone Bolango

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *