Ridwan Kamil Janji Bakal Adil untuk Semua Agama, Ini Programnya

saranginews.com, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil mengaku hal itu akan membawa rasa aman dan ketentraman bagi penganut semua agama di Jakarta.

Ridwan Kamil mengatakan, dirinya dan Swano telah menyiapkan program yang adil bagi seluruh umat beragama.

Baca juga: PSI Sebut Pramono-Rano Karno Menang Unggul Atas Ridwan Kamil-Suwono

Hal itu diungkapkannya saat silaturahmi dengan pemuka agama Agama Batak Kristen Furia (HKBP) di kawasan Chakun, Jakarta Timur, Jumat (11/10).

“Pasangan RIDO merupakan satu-satunya pasangan yang telah mengidentifikasi secara jelas pembentukan Pancasila sebagai visi dan misi kami,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Ridwan Kamil berkomitmen untuk Jakarta yang toleran dan berkeadilan

“Perintah Pertama Ketuhanan dan Perintah Kelima Menjunjung Keadilan saling menyublim dalam menciptakan program yang adil bagi pemeluk agama apa pun,” ujarnya.

Pertemuan dengan pimpinan HKBP yang dipimpin oleh Pendeta Bernard Manik mengungkapkan beberapa aspirasi.

Baca juga: Partai Buruh Dukung Ridwan Kamil-Swono, Sebut Iqbal Beberkan Investigasi Internal

Mereka ingin jumlah guru Kristen di sekolah negeri disesuaikan dengan proporsi siswanya.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Khan Emir ini juga menginginkan para pengurus gereja Kristen dikirim ke Mekkah untuk mengunjungi tempat-tempat suci seperti bot masjid.

“Kemudian kami akan melaksanakan kegiatan Maghrib Quran bagi umat Islam dan mendukung Sekolah Minggu bagi umat Kristiani,” ujarnya.

Pasangan RIDO juga menjalankan program Dana Operasional Rumah Ibadah (DORI), yang mempromosikan jemaah dari semua agama dan menyalurkan dukungan modal (kredit mesra) melalui nominasi dari para pemimpin agama.

Konsultasi dengan pimpinan HKBP bertujuan untuk menjajaki dan melaksanakan pemetaan bersama untuk memastikan program-program tersebut berjalan lancar dan efisien selama pelaksanaannya.

“Ini persahabatan yang luar biasa dan saya harap terus dibangun,” ujarnya.

Selain HKBP, pasangan RIDO juga banyak bertemu dengan pimpinan Pusat Persekutuan Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PGPI Pdt Jason Baronpapuen mengatakan pasangan RIDO mempunyai visi, misi dan program yang sejalan dengan keinginan para pemangku kepentingan keagamaan PGPI.

“Dan visi misinya, programnya sangat bagus. Buktinya Jakarta akan menjadi lebih aman dan bersahabat. Mohon lebih dijaga kerukunan dan toleransinya,” kata Pendeta Jason. (mcr4/jpnn) Sekarang, silakan tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *