MIND ID Pamerkan Proyek Hilirisasi Ekosistem EV di The 7th ICEF 2024

saranginews.com, KUTA – BUMN Holding Indonesia Mining Industry (MIND ID) menegaskan komitmennya untuk terus mendorong perkembangan lingkungan manufaktur kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan hadirnya Indonesia-China Energy Forum (ICEF) ke-7 tahun 2024, MIND ID menghadirkan program penting yang dapat memperkuat posisi Indonesia di masa depan.

Baca Juga: UMK Pamerkan Produk Tradisional Ini di Kriyanusa 2024 Di Bawah Bimbingan Tim MIND ID

Sementara ICEF 2024 akan digelar pada Selasa (9 Maret) di Kuta Selatan, Bali, dan dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia.​

Kali ini, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia bersama mitra strategis Tiongkok mengunjungi booth MIND ID memperkenalkan penetapan rencana lingkungan hidup baterai kendaraan listrik yang komprehensif, serta Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat . .

BACA JUGA: MIND ID adakan kompetisi berita lagi, pelajar bisa ikutan, cek syaratnya!

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha Dilo Seno Widagdo langsung menyambut baik kedatangan Menteri Bahlil.

Menteri Bahlil juga memperkenalkan MIND ID sebagai holding BUMN pertambangan yang mengelola cadangan mineral dalam jumlah besar, berupaya menjaga hubungan baik, dan menerapkan teknologi pada setiap proyek.

Baca: Antam dan MIND ID berikan layanan BUMN di Indonesia dan Halmahera

Menteri Balil dalam pidatonya menyampaikan bahwa transisi energi merupakan langkah maju yang besar dalam mencapai komitmen dekarbonisasi global.

Indonesia telah memulai jalur emisi nol bersih (NZE) yang komprehensif di sektor energi, yang berdampak pada seluruh pemangku kepentingan.

“Hal lain yang menjadi fokus pemerintahan ke depan adalah hadirnya energi hijau dan industri hijau yang mengandalkan rusa. Kunci implementasi kebijakan ini adalah kehadiran listrik,” kata Menteri Balil.

Sementara itu, Dilo mengatakan sudah saatnya ICEF menunjukkan bahwa produksi pertambangan dan batu bara Indonesia siap mendukung pengembangan lingkungan kendaraan listrik.

Untuk mendukung program tersebut, tim MIND ID berupaya membangun hubungan yang diperlukan untuk dapat meningkatkan potensi sumber daya alam Indonesia.

Ia mengatakan ICEF 2024 merupakan peluang yang sangat baik.

“Bagaimana kita membuktikan bahwa MIND ID merupakan perpanjangan tangan penguasaan negara terhadap mineral dan mentransformasikannya menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi dan dapat mendukung transisi energi Indonesia,” ujarnya.

Dillo melanjutkan, pemerintah telah mengembangkan peta jalan transisi energi dan salah satu rencananya adalah menggunakan lebih banyak kendaraan listrik bertenaga baterai.

NJ MIND oleh PT Industri Battery Indonesia (IBC) terus mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik yang terintegrasi.​

Proyek yang akan datang meliputi penambangan nikel, produksi komponen baterai, produksi inti baterai, serta daur ulang dan pemrosesan produk kendaraan listrik.

Melalui inisiatif strategis lainnya, MIND ID terus meningkatkan riset dan produksi serta memajukan pasar dalam negeri, khususnya dalam mendukung pengembangan lingkungan kendaraan listrik.

Dilo menegaskan, “Komitmen kami jelas, yaitu membangun masa depan yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan dengan terus memperkuat sistem dan proses industri berteknologi tinggi.”

Ia menambahkan, timnya yakin Indonesia memiliki potensi penuh untuk menjadi pemimpin industri kendaraan listrik global dan dapat menjadi tujuan investasi global. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *