Jokowi Sebut IAF Akan Merumuskan Strategi Pembangunan Baru bagi Negara Berkembang

P Diselenggarakan pada Senin (2/9) di Hotel Mulia Nusa Dua Bali.

Di lobi hotel, Presiden Jokowi berjabat tangan dengan 7 pimpinan delegasi dan berfoto.

BACA JUGA: Prabowo membeberkan sebagian isi kabinetnya kepada Jokowi

Presiden berturut-turut Jokowi antara lain Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwini, Wakil Presiden Zimbabwe Kembo Dugish Campbell Muleya Mohadi, Perdana Menteri Timor Leste Hanana Gusmao, Perdana Menteri Eswatini Russell Mmiso Dlamini, Presiden Liberia Joseph Nyuma Buakai, Rwanda menyambut Presiden Paul Kagamana dan Ghana menyambut Presiden Paul Kagama. Akufo-Addo.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan para pimpinan delegasi berfoto bersama.

BACA JUGA: Ssst, Jokowi Percayakan Kelanjutan Proyek Ini ke Prabowo

Jokowi juga duduk di antara Prabowo Subianto yang terpilih sebagai Presiden Indonesia periode 2024-2029 dan Presiden Ghana Nana Akufo-Addo.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi keinginan untuk berpartisipasi dalam forum penting tersebut di tengah berbagai persoalan global.

BACA JUGA: Risma temui Jokowi yang belum melayangkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial

Kita semua ingin melakukan perubahan positif di dunia yang penuh permasalahan, perlambatan ekonomi, angka pengangguran dan inflasi yang tidak kunjung membaik, serta ketegangan geopolitik, kata Jokowi merujuk keterangan resmi Istana. katanya. Kantor Pers.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyinggung semangat multilateralisme yang melemahkan persatuan internasional dan semakin memperparah fragmentasi global.

Menurutnya, negara-negara berkembang paling terkena dampak dari situasi ini, mengingat hanya 17 persen target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang tercapai pada tahun 2030.

“Jadi kita perlu arah dan visi baru, kita perlu strategi baru, kita perlu langkah-langkah taktis baru untuk mencapai pembangunan yang adil dan inklusif bagi negara-negara berkembang,” ujarnya. (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *