iPhone 16 Belum Dijual di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya, Oalah

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merespons kehadiran iPhone 16 yang tidak tersedia di Indonesia.

Diketahui iPhone 16 telah resmi diluncurkan dan diluncurkan di beberapa negara. Namun perangkat tersebut belum diluncurkan di Indonesia karena kendala Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

BACA JUGA: Setelah iPhone 16, Apple akan meluncurkan MacBook generasi terbaru

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arief mengatakan pihaknya sedang memproses sertifikat TKDN untuk produk teknologi andalan Apple, iPhone 16, agar bisa dijual di Indonesia.

Menurutnya, proses sertifikasi TKDN terkait dengan keterlibatan investasi perusahaan Amerika tersebut dalam membangun Apple Academy di Indonesia.

BACA JUGA: Kaspersky Keluarkan Peringatan Penting ke Publik Soal iPhone 16, Bahaya!

“Kalau bisa tercapai maka mereka bisa mendapatkan sertifikasi TKDN dan bisa menjual iPhone 16. Makanya ditunda sekarang,” kata Febri di Jakarta.

Ia menambahkan, lamanya proses sertifikasi TKDN bergantung pada laporan pelaksanaan investasi yang disiapkan Apple.

BACA JUGA: iPhone 16 Pro Disebut Punya Kamera Terbaik

“Kalau ada yang menjual iPhone 16, itu ilegal karena belum mendapat sertifikat,” kata Febri.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya mendorong Apple untuk meningkatkan investasinya di Indonesia sehingga dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di industri tersebut.

“Agar lebih banyak orang Indonesia dan banyak orang Indonesia yang bisa belajar di Apple Academy,” ujarnya pula.

Sebelumnya, produk baru iPhone 16 yang penjualan resminya dimulai pada 20 September 2024, tidak bisa masuk ke Indonesia karena smartphone besutan perusahaan teknologi ternama Apple itu tidak memenuhi TKDN sebesar 40 persen.

Kementerian Perindustrian menyatakan produk yang memiliki TKDN dan bobot keuntungan perusahaan (BMP) lebih dari 40 persen memiliki syarat pembelian.

Khususnya dalam hal pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah, badan usaha milik negara, BUMD dan swasta dengan menggunakan APBN/APBD atau pemanfaatan sumber daya yang dikuasai negara.

Saat ini terdapat tiga Apple Academies di Indonesia yang berada di Tangerang, Sidoarjo dan Batam.

Apalagi, saat kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia pada April 2024 lalu, ia menyatakan pihaknya akan segera membuka Apple Academy keempat di Bali. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Resmi Luncurkan iPhone 16 dengan Chip Bionic A18, Ini Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *