Bethsaida Hospital Hadirkan Alat Baru Penghancur Batu Ginjal, Lebih Presisi

saranginews.com, JAKARTA – Batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan terbentuknya endapan keras pada ginjal seseorang.

Batu ginjal disebabkan oleh kelebihan bahan kimia seperti kalsium, asam oksalat, dan fosfor dalam urin. 

Baca Juga: Siloam ASRI Perkenalkan RIRS pada Debu Batu Ginjal

Zat tersebut dapat membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Seiring waktu, kristal itu mengeras seperti batu. 

“Kami memiliki alat baru yang dapat menghilangkan batu ginjal dan lebih akurat,” kata Dr. Donnie Eka Putra, Sp.

Baca Juga: Konsumsi 4 Herbal Alami Ini Untuk Menghilangkan Batu Ginjal

Menurutnya, Klinik Urologi RS Bethsaida Gading Serpong memperkenalkan Richard Wolf Piezolith 3000 Plus yang mengubah paradigma pengobatan batu ginjal dengan menggunakan alat terkini yaitu teknologi ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

Dengan menggunakan alat canggih ini, pasien dapat merasakan kenyamanan maksimal selama prosedur dengan hasil yang lebih baik.

Baca juga: Alasan Parto Patria menjalani operasi batu ginjal lanjutan

Keunggulan alat ini antara lain teknologi piezoelektrik canggih, C-arm, dan pemantauan ultrasonografi real-time untuk memantau status batu ginjal secara akurat.

Dilengkapi juga dengan pemosisian pasien otomatis, tempat tidur yang bergerak mulus memberikan kenyamanan lebih dan mengurangi kecemasan selama prosedur.

“Rasa sakitnya tidak terlalu menyakitkan. Namun tidak semua batu dapat diobati dengan ESWL, dan ada beberapa kondisi, seperti batu kompleks, yang memerlukan prosedur invasif minimal seperti PCNL dan RIRS.”

Direktur RS Bethsaida Dr. Pitono menambahkan, teknologi ESWL terkini membantu pasien mendapatkan perawatan yang lebih nyaman tanpa rasa sakit yang berlebihan. 

“Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik dan alat ini merupakan contoh nyata komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan.”

Teknologi ESWL efektif dalam pengobatan batu ginjal dan batu ureter yang sering menimbulkan gejala seperti nyeri punggung bawah sesekali, nyeri saat buang air kecil, mual dan muntah, serta hematuria (darah dalam urin).

“Batu ginjal terbentuk dari mineral dan garam yang mengkristal di dalam ginjal. Jika batu tersebut tidak dikeluarkan dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan ginjal yang serius,” ujarnya.

Melalui ESWL, gelombang kejut diarahkan ke batu ginjal dan dipecah menjadi partikel kecil yang dapat dikeluarkan melalui urin tanpa operasi invasif.

Teknologi ini juga cocok untuk pasien yang tidak dapat menjalani operasi karena risiko kesehatan tertentu, sehingga menjadikannya alternatif yang aman. (nama/tanggal)

Baca selengkapnya… Begini Perasaan Parta Patria Jelang Operasi Batu Ginjal Ketiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *