Program AMANAH Bikin Pengrajin Muda Banjir Pesanan, Alhamdulillah

saranginews.com, Jakarta – Program Aneuk Muda Aceh Unggul Besar (AMANAH) yang dicanangkan Badan Penerangan Negara (BIN) telah memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya generasi muda. 

Para perajin tekstil Aceh yang mengikuti program Amane menciptakan tekstil Aceh kebanjiran order usai memperagakan karyanya.

Baca Juga: Amina Datangkan Desainer Latih Perajin Tenun Bali di Aceh Besar

“Program ini tidak hanya melatih para perajin, tapi juga aktif mempromosikan karyanya di tingkat provinsi dan nasional,” jelas Zul-Halami, guru tekstil di Aman, Minggu (9/8). 

Ia mengatakan, peningkatan pesanan ini bukan hanya karena kualitas produknya saja, namun juga karena promosi yang dilakukan oleh para peserta. 

Baca Juga: Puluhan Produsen Tahu Tempe Dapat Suntikan Modal dari FKS Multi Agro

Lanjutan: Setelah pelatihan ini, produk dipromosikan oleh Amana. Oleh karena itu, banyak orang yang mengetahui dan tertarik dengan produk triko. 

Salah satu kegiatan promosi Amanah yang menonjol adalah pada Festival Busana Muslim (Muffest) di Jakarta. Pada acara tersebut, produk tenun Aceh menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk para desainer muda.

Baca Juga: Hama Kesenian Palembang Dipenuhi Pesanan Jelang Idul Fitri

 Zul-Halami menambahkan: Kami telah bertemu dengan beberapa desainer Hazara dan alhamdulillah atas besarnya permintaan terhadap produk tenun kami.

Workshop tekstil Aceh yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 26 Agustus ini diikuti oleh perajin dari berbagai daerah seperti Aceh Jaya hingga Baner Meria. Enam peserta kursus ini dipilih untuk bekerja di Rumah Tekstil Amanah X Kutaraja, dimana mereka memproduksi kain tenun yang dipesan oleh berbagai perusahaan besar.

Program AMANAH bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan para perajin, namun juga untuk menggairahkan perekonomian masyarakat melalui produk-produk tradisional Aceh. 

Program ini mendapat pujian dari banyak pihak karena kemampuannya dalam membangun kapasitas lokal dan menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat Aceh. Dengan dukungan AMANAH, para perajin tenun tidak hanya menghasilkan produk berkualitas tinggi, namun juga berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi kreatif di daerahnya. (nama/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *