Peringati World Heart Day, Nutrive Benecol Gandeng Apoteker Edukasi Kesehatan Jantung

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan pada tahun 2023, penyakit kardiovaskular akan tetap menjadi penyebab kematian utama di tanah air.

Oleh karena itu, Hari Jantung Sedunia pada tanggal 29 September menunjukkan pentingnya menjaga kesehatan jantung. 

Baca juga: Obat Alami Asam Urat, Kolesterol Dan Tekanan Darah

Data Global Charge of Diseases dan Institute for Health Measurement and Assessment (IHME) 2014-2019 juga menunjukkan bahwa penyakit jantung menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Kondisi ini terus menjadi kekhawatiran dengan meningkatnya penyakit jantung di usia muda.

Kolesterol jahat (LDL) yang terakumulasi di arteri merupakan penyebab utama penyakit jantung, kata dokter. Dr.Libriansyah, MM. Sp.PD, K-EMD, FINASIM dari Divisi Endokrin, Metabolik, Diabetes RSPAL dr. Ramelan Surabaya, Sabtu (11/10).

Baca juga: Jaga Kesehatan Jantung dengan 3 Herbs Inl

Kolesterol merupakan lemak esensial yang diproduksi secara alami oleh tubuh untuk membantu produksi hormon vitamin D dan asam empedu untuk memecah lemak, namun dapat menimbulkan masalah jika kadar darah terlalu tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi, terutama low-density lipoprotein (LDL), dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, ujarnya. 

Baca selengkapnya: 4 makanan ini membantu menjaga kesehatan jantung

Sebaliknya, High Density Lipoprotein (HDL) berperan penting dalam menghilangkan kelebihan kolesterol dari darah dan mengirimkannya kembali ke hati untuk diekskresi.

Selain LDL dan HDL yang sering disebut “kolesterol jahat” dan “kolesterol baik”, ada juga trigliserida yang perlu dijaga agar tetap normal.

Kombinasi kadar trigliserida dan LDL yang tinggi dengan HDL yang rendah dapat menyebabkan aterosklerosis sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, jelas Libriansyah.

Solusi Nutrive Benecol yang efektif hadir dengan Plant Stanol Ester (PSE), senyawa alami yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam makanan, membantu mengontrol kadar kolesterol secara efektif.

Tahun ini, Nutrive Benecol, jus buah penurun kolesterol, bekerja sama dengan Apotek K-24 meluncurkan 14 Days Challenge bersama Nutrive Benecol.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pilihan gaya hidup sehat untuk mencegah risiko penyakit jantung. 

Melalui program ini, apoteker di Apotek K-24 Surabaya dan sekitarnya akan mengikuti tantangan Nutrive Benecol selama 14 hari dan melakukan pengecekan kadar kolesterol di awal dan akhir musim. 

“Inisiatif ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan akses langsung kepada apoteker terhadap pengelolaan kolesterol, namun juga untuk mendukung upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyakit jantung dan risikonya,” ujar Direktur Nutrisi Dewasa dan Spesialis KALBE Nutritionals Robertus Parulian.

Apoteker Ika Mulyono Putri Wibowo, S.Farm., M.Farm-Klin, Guru Besar Farmasi UBAYA, berharap program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk memperhatikan kesehatan jantung. 

Dengan menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi Nutrive Benecol setelah makan, diharapkan masyarakat dapat menjaga kadar kolesterolnya dengan lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik, dan apoteker Apotek K-24 menjadi garda terdepan dalam edukasi kesehatan ini .

Sementara itu, CEO PT K-24 Indonesia Gideon Hartono memuji upaya Nutrive Benecol dan Apotek K-24 dalam memperingati Hari Jantung Sedunia tahun ini.

“Nutrive Benecol 14 Days Challenge memberikan pendekatan praktis dengan melakukan pengecekan kolesterol apoteker Apotek K-24 sebelum dan sesudah mengikuti tantangan,” tutupnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *