Resmi Buka Naker Fest 2024 di JIEXPO, Wapres Ma’ruf Amin Sampaikan 3 Pesan Ini

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin resmi membuka Naker Fest 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Jumat (23/8).

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol di layar digital oleh Wakil Presiden Ma’ruf didampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

BACA JUGA: Kementerian Ketenagakerjaan undang masyarakat hadiri Naker Fest 2024 – Datang dan temukan pekerjaan idamanmu

Wakil Presiden Ma’ruf dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung acara tersebut.

“Saya berharap Naker Fest 2024 menjadi wadah komunikasi interaktif antara pemerintah dan masyarakat, khususnya bagi angkatan kerja muda,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: Selenggarakan Naker Fest 2024, Kemnaker Sosialisasikan Festival Diklat Vokasi

Selain itu, Naker Fest 2024 harus menjadi sinyal bagi calon investor di seluruh dunia bahwa Indonesia sangat bertekad untuk terus melakukan reformasi dan perbaikan pasar tenaga kerja agar tidak ragu untuk menanamkan modal dan menciptakan lapangan kerja di negara ini. .

Tiga pesan juga disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf pada kesempatan ini.

BACA JUGA: Hebat! 110.000 kursi tersedia di Naker Fest 2024

Pertama, dia meminta Kementerian Tenaga Kerja mengembangkan dan menyempurnakan sistem informasi pasar tenaga kerja yang ada.

Ia yakin sistem ini akan mampu memimpin dunia pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan talenta-talenta yang diperlukan sekaligus mengurangi biaya rekrutmen dan tenaga kerja, sehingga menjadikan perusahaan lebih kompetitif.

“Perbaiki dan sesuaikan keterampilan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dengan mengoptimalkan penggunaan sistem ini sehingga dapat mengurangi kesenjangan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kedua, beliau menyerukan komitmen bersama untuk mereformasi pasar tenaga kerja Indonesia dengan mempromosikan peluang investasi dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia bagi investor, meningkatkan iklim investasi dan memastikan keberlanjutan reformasi.

“Kita harus memastikan investor terdorong untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini akan membuka banyak peluang penciptaan lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ketiga, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kementerian Ketenagakerjaan dan seluruh pemangku kepentingan ketenagakerjaan meningkatkan kolaborasi untuk menciptakan ekosistem ketenagakerjaan.

Kerja sama ini mencakup berbagai aspek mulai dari pelatihan, penempatan, hubungan kerja hingga pengawasan ketenagakerjaan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Yuk hadiri Naker Fest 2024 yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan, penuh dengan kegiatan seru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *