Pangsa Pasar Menggiurkan, Brand Lokal Bidik Inovasi Perlindungan UV

saranginews.com, Jakarta – Industri kosmetik memiliki pangsa pasar yang menarik ditandai dengan pertumbuhan industri yang pesat dari tahun ke tahun.

Persatuan dan Perkumpulan Perusahaan Kosmetika (PPA Kosmetik) mencatat peningkatan tersebut dari 913 pada tahun 2022 menjadi 1.010 perusahaan pada pertengahan tahun 2023 atau meningkat sebesar 21,9 persen.

Baca Juga: 100 Hari Perlindungan Matahari dari Amaterasun UV Sunscreen Serum

Segmen pasar terbesar adalah perawatan pribadi dengan volume pasar sebesar $3,18 miliar pada tahun 2022, diikuti oleh perawatan kulit sebesar $2,05 miliar, kosmetik sebesar $1,61 miliar, dan wewangian sebesar $39 juta.

Perkembangan ini menunjukkan potensi produk kosmetik Indonesia untuk bersaing di pasar global.

Baca juga: Tabir surya fisik Amaterasone aman digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa

Artinya perusahaan berlomba-lomba menawarkan produknya dengan cara yang berbeda-beda.

Salah satunya dengan aktif melakukan inovasi produk untuk menarik lebih banyak pelanggan dan pelanggan baru.

“Kami mencoba menjawab kebutuhan konsumen dengan menawarkan produk untuk melindungi dari efek berbahaya sinar UV,” kata Erin Ursula, pendiri merek kosmetik lokal Amaterasone, Minggu (25/8).

Perusahaan memperkenalkan Amaterasan UV Skin Tint untuk menjawab kebutuhan konsumen akan riasan dengan perawatan kulit.

UV Skin Color SPF 35 PA dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari hingga tingkat DNA dengan hasil akhir bening mengkilap.

“Melindungi kulit dari sinar UV sekaligus memperpendek langkah riasan lebih praktis dan nyaman,” ujarnya.

Perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV) sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah yang dapat ditimbulkan akibat paparan sinar matahari.

Apalagi Indonesia merupakan negara tropis dan terletak di garis khatulistiwa.

Menurut Erin, lahirnya produk ini tak lepas dari ketakutan banyak orang jika mengaplikasikan tabir surya sebelum alas bedak, riasan akan mudah luntur atau terlihat tidak rata. Sebab, strukturnya tidak sesuai.

Kedua langkah ini juga dinilai kurang praktis bagi banyak orang, terutama yang menginginkan tampilan riasan mulus dan efektif.

Produk ini memadukan tabir surya dengan riasan, mengandung antioksidan yang dapat menunjang kesehatan kulit dan melindungi dari efek berbahaya sinar UV, ujarnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *