Optimalisasi Digitalisasi Industri Kemaritiman di Indonesia, IDSurvey dan Telkomsel Bersinergi

saranginews.com, JAKARTA – IDSurvey dan Telkomsel bekerja sama untuk meningkatkan potensi ekonomi dan keberlanjutan industri maritim Indonesia melalui transformasi digital.

Era baru di bidang maritim Indonesia diawali dengan peluncuran konsep solusi Maritime Cloud Platform (MCP) yang diselenggarakan di Batavia Marina Sunda Kelapa, Jakarta, oleh Menteri BUMN Eric Tohir pada Jumat (23/8).

BACA JUGA: BKI berdonasi untuk korban kebakaran Mangarai

IDSurvey percaya bahwa penggunaan teknologi digital sangat penting untuk meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, produktivitas, dan manajemen armada.

Langkah ini dilakukan bekerja sama dengan BUMN lain yakni Telkomsel yang ahli dalam menyediakan solusi konektivitas.

BACA JUGA: Jamkrindo Bantu Mitra TJSL Beternak Lebah Madu

Di masa depan, solusi MCP ini akan tersedia bagi masyarakat di dalam dan luar negeri sebagai lingkungan digital kelautan yang mengintegrasikan tiga teknologi sekaligus, termasuk komputasi awan, konstelasi satelit, dan kecerdasan buatan.

Menteri BUMN Eric Tohir dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang memiliki jalur laut dan sektor maritim merupakan salah satu sektor terpenting dalam perekonomian Indonesia.

BACA Juga: Perkuat Industri Migas, IDSurvey Turut Ikuti Konferensi SCM 2024

“Potensi ekonomi biru negara kita sangat besar, bagi masyarakat ini laut bukan hanya sekedar penghubung, tapi juga skala ekonomi, sumber kehidupan dan simbol cahaya. Untuk itu, hadirnya Marine Cloud Platform ( MCP) patut mendapat pengakuan sebagai bagian dari upaya mendukung transformasi sistem pelayaran tanah air,” kata Eric.

Menurutnya, platform ini akan sangat berguna untuk meningkatkan keselamatan transportasi melalui pengoperasian dashboard pengelolaan informasi, disertai komunikasi satelit real-time yang efektif dan andal, antara kapal dan pusat kendali.

Teknologi ini juga akan membantu mempercepat tanggap darurat.

“IDSurvey, seperti halnya Holding Jasa Survei BUMN, berperan penting dalam sektor pengujian, inspeksi dan sertifikasi (TIC) di Indonesia. Konsep solusi MCP saat ini merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan keamanan layanan, dan kedepannya kami akan memberikan informasi yang akurat. layanan dengan banyak keunggulan produk, antara lain solusi lengkap bagi industri maritim dalam pengoperasian dan komunikasi, sistem komunikasi satelit real-time, sehingga dapat “menghilangkan titik buta dalam pekerjaan kapal dan terintegrasi dengan tim BKI dan informasi hukum,” ujar Arisudona, COO IDSurvey/PT BKI.

Arisudona menjelaskan, dalam konsep baru solusi MCP ini, Telkomsel menghadirkan solusi konektivitas yang ringkas dan terjangkau dengan teknologi yang andal.

Selain itu, menjamin akses komunikasi bagi penumpang dan awak kapal yang melakukan perjalanan di laut lepas. Konsep solusi MCP ini merupakan awal dari transformasi digital industri maritim yang lebih efisien, aman, dan berkelanjutan. “Melalui proyek kerjasama antara IDSurvey dan Telkomsel ini, kami berharap mampu meningkatkan daya saing industri maritim Indonesia di dunia,” kata Arisudona.

Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan kolaborasi Telkomsel dan BKI melalui Sinergi BUMN merupakan langkah solid untuk mendukung inisiatif Lima Langkah Berani Telkom Group. Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat pemanfaatan teknologi digital di berbagai sektor, termasuk sektor maritim.

“Dengan solusi konektivitas yang kuat dan keamanan yang komprehensif, kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan keselamatan, dan mendorong daya saing nasional di industri maritim. Memperkuat hubungan ini tidak hanya akan mendukung transformasi digital, tetapi juga akan menjamin stabilitas industri maritim. era ini, “digital, yang sejalan dengan visi dan misi Telkomsel untuk selalu memberikan solusi baru, bermanfaat dan kompetitif bagi pembangunan negeri,” kata Nugroho (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *