Survei Alvara: Elektabilitas Airin-Arief Wismansyah Paling Tinggi, Rano Karno & Andra Soni?

saranginews.com, JAKARTA – Lembaga riset Alvara Strategi Indonesia merilis hasil survei pemilihan gubernur (pilgub) Banten 2024 empat hari sebelum masa pendaftaran calon gubernur Banten dan Cawagub pada Selasa (27/08/2024).

Hasilnya, Airin Rachmi Diany masih menjadi calon terkuat Gubernur Banten dibandingkan calon lainnya dengan perolehan 46,8%. Arief Wismansyah berada di peringkat kedua dengan 24,1 persen.

BACA JUGA: Rano Karno dan Zaki Makin Dekat, Persiapan Pilkada Banten?

Urutan ketiga adalah Rano Karno dengan 8,7 persen. Sedangkan Andra Soni yang banyak didukung parpol hanya mendapat 6,4 persen dan Achmad Dimyati 3,1 persen.

Airin, Arief, dan Rano merupakan tiga calon gubernur Banten pertama, kata Kepala Riset Alvara Strategi Indonesia Harry Nugroho, Jumat.

BACA JUGA: Polisi berharap pada hasil Pilkada Banten dan DKI

Nama calon gubernur lainnya yang masuk dalam jajak pendapat adalah Iti Jayabaya dengan perolehan suara 3,1%. Berikutnya Ade Sumardi 0,4 persen dan Ari Untung 0,1 persen.

Sementara itu, 7,3 persen responden masih ragu menentukan pilihannya.

BACA JUGA: PDIP: Tangerang Jadi Pusat Kecurangan Pilkada Banten

Alvara Strategi Indonesia pun melirik nama-nama tersebut saat dicalonkan menjadi calon wakil gubernur Banten.

Hasilnya, Arief Wismansyah berada di puncak dengan efisiensi 28,9 persen. Di peringkat kedua ada Airin dengan 18,3 persen.

Harry mengatakan jajak pendapat ini masih panas karena dilakukan pada 13-19 Agustus 2024 dengan wawancara tatap muka.

Pengawasnya adalah seluruh warga negara Indonesia di Banten yang mempunyai hak pilih.

Harry mengatakan pada Jumat, 23 Agustus: “Jumlah sampel sebanyak 815 responden dengan metode random sampling. Margin of error survei ini +-3,43 persen dan sangat reliabel. 95%.”

“Hanya ada dua nomor yang mempunyai suara terbanyak untuk memilih Gubernur Banten, yaitu Airin dan Arief di urutan kedua,” kata Harry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *