Pascaputusan MK, Airin & Arief Berpeluang Besar Menang di Pilkada Banten

saranginews.com, JAKARTA – Alvara Strategi Indonesia menilai Airin Rachmi Diany meraih suara terbanyak dalam pemilu wilayah Banten.

Berdasarkan survei yang dilakukan Alvara Strategi Indonesia, Airin Rachmi Diany memperoleh suara terbanyak, yaitu 46,8 persen.

BACA JUGA: Rumor Golkar Keluarkan Surat Batalkan Pencalonan Airin & Mad Romli, Bahrul Ulum Buka Suara

Harry Nugroho, Chief Research Officer Alvara Strategi, Indonesia, mengatakan potensi Airin disusul Arief Wismansyah dengan perolehan 24,1% di posisi kedua.

Di peringkat ketiga ada Rano Karno dengan perolehan suara 8,7%, sedangkan Andra Soni yang mendapat dukungan politik terbanyak hanya meraih 6,4%.

BACA JUGA: Sekda PDIP Banten: Selama ini kita pakai Airin-Ade

Soal persetujuan Wakil Gubernur Banten, Arief Wismansyah menduduki peringkat tertinggi dengan 28,9 persen, Achmad Dimyati Kusumah disandingkan dengan Andro Soni 7,3 persen, dan Ade Sumardi hanya 2,3 persen.

“Untuk calon gubernur Banten, nama Airin Rachmi Diany mendapat poin terbanyak. Sedangkan untuk calon wakil gubernur, nama Arief Wismansyah paling tinggi dibandingkan nama calon wakil gubernur yang mendapat tiket dari partai politik, kata Harry, Jumat (23/8).

BACA JUGA: Pilgub Banten: Hasil TPS Pastikan Airin Menang Andro-Dimyati, Tak Masalah

Harry menjelaskan survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dan televisi terhadap 815 responden berusia 17 tahun ke atas.

Survei tersebut dilakukan untuk mengukur kemampuan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Banten.

Survei menggunakan metode sampling berbeda dengan margin of error ±3,43 persen. Survei dilakukan pada 13-19 Agustus 2024 di Provinsi Banten, ujarnya.

Menurut Harry, Alvara Strategi Indonesia juga sudah meneliti cagub dan cawagub Banten, Airin terhubung dengan Arief dan Andra terhubung dengan Dimyati.

Dengan demikian, pasangan Airin Arief unggul dengan perolehan suara 72,4 persen, sedangkan Andra Dimyati memperoleh 11,3 persen suara.

Sejauh ini, seluruh calon gubernur dan wakil gubernur Banten telah melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar Banten.

Ketua DPD PDI Perjuangan Ade Sumardi yang disebut-sebut ikut terlibat dalam pemasangan poster dan penyelenggaraan pertemuan masyarakat, masih berjuang untuk meningkatkan kapasitasnya.

Sejauh ini, hanya Airin dan Arief yang berhasil merebut hati masyarakat paling mampu. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *