Digitalisasi UMKM Surabaya: Inisiatif Baru Gerakkan Ekonomi Lokal

saranginews.com, SURABAYA – Master Digital Academy menghadirkan inisiatif baru yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian lokal di Surabaya.

Proyek bertajuk “Surabaya Menuju Kota Digital” ini merupakan lembaga pendidikan online untuk memberdayakan UMKM beradaptasi terhadap tantangan era digital.

Baca selengkapnya: Dengan cara ini, TASPEN meningkatkan pengelolaan arsip dan layanan digital.

Master Advisor Chandra Putra Negara Digital Academy mengatakan program ini merupakan jawaban atas kebutuhan mendesak bagi UMKM di Surabaya untuk beralih dari metode penjualan tradisional ke metode modern dan berteknologi.

“Melalui program ini, kami ingin membantu mereka beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital sebagai alat untuk berkembang dan bersaing di pasar yang semakin global,” kata Chandra dalam keterangannya, Jumat (23/8).

Baca selengkapnya: Olsera-Kementerian Perdagangan berkolaborasi untuk mempercepat transformasi digital UMKM

Proyek Surabaya Menuju Kota Digital mencakup topik-topik yang penting dan berkaitan dengan keberlanjutan usaha UMKM, seperti strategi pemasaran digital, pemanfaatan platform e-commerce dan pentingnya transformasi digital untuk menjaga daya saing bisnis di era modern. Era. .

Ia mengatakan, “Di era digital ini, UMKM tidak hanya harus mampu bertahan, namun juga harus mempunyai kemampuan untuk berkembang dan bersaing. Digitalisasi tidak hanya sekedar tren, namun juga menjadi kebutuhan yang mendesak.”

Baca Juga: Digitalisasi UMKM, Dupa Merta Pudak Wangi Tabanan Wangi Banget

Dengan adanya proyek ini diharapkan dapat memberikan panduan yang jelas dan solusi praktis bagi UMKM di Surabaya untuk mengoptimalkan teknologi digital dalam operasional bisnisnya.

Bapak Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Gambar: Tangkapan layar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan dukungan penuh kepada Master Digital Academy (MDA) dalam peluncuran program digital UMKM.

Dalam sesi daring, Sandiaga menjelaskan digitalisasi tidak hanya soal teknologi, tapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi UMKM.

“Melalui digitalisasi, UMKM dapat memperluas akses pasar, meningkatkan efisiensi operasional dan membuka lebih banyak lapangan kerja,” jelas Sandiaga.

Ia juga berharap lembaga pendidikan online dapat memberikan dampak positif dan mendukung pemerataan kesejahteraan di seluruh Indonesia, semakin mendekatkan diri pada visi Indonesia 2045. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *