Bea Cukai Bekasi Luncurkan PTSP untuk Wujudkan Layanan Publik yang Responsif

saranginews.com, BEKASI – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bea & Cukai Bekasi meluncurkan counter inovasi untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan responsif. Pada Selasa (20/8) secara online sekaligus peluncuran dan sosialisasi berlangsung serentak yang dihadiri oleh para layanan. Pengguna Cukai Wilayah Kerja Bea Cukai Bekasi.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Bekasi, Yanti Sarmuhidyanti mengatakan, penerapan PTSP diprediksi akan menjadi inovasi abadi bagi Bea dan Cukai Kabupaten Bekasi yang juga akan terintegrasi dengan aplikasi Gofast yang telah diluncurkan sebelumnya.

Baca Juga: Ini Upaya Bea Cukai Belawan Percepat Logistik dan Tingkatkan Pengawasan Laut

Menurut Yanti, standar kecepatan dan kualitas layanan dapat ditingkatkan dengan mendukung kemampuan digitalisasi dan modernisasi.

“PTSP mengedepankan fasilitasi pelayanan dan memberikan akses komunikasi serta menjamin terciptanya hubungan yang harmonis dan produktif antara pengguna jasa dengan Bea Cukai Kabupaten Bekasi,” kata Yanti dalam keterangannya, Kamis (22/8).

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Import Barang Casual

Selain itu, dalam upaya menerapkan tata kelola yang baik dan memperoleh kepercayaan masyarakat, perlu terus dilakukan penyederhanaan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai.

Selain itu, aspek transparansi pelayanan pemerintah juga penting untuk mengurangi terjadinya kecurangan di kalangan pengguna layanan.

Baca juga: Penjelasan Kebijakan Kenaikan Tarif Barang Ilegal Secara Drastis Ini

Yanti juga menambahkan, pihaknya juga telah melakukan langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan antara lain kecepatan waktu pelayanan, kedisiplinan pegawai, kecepatan petugas pelayanan, transparansi informasi pelayanan dan kemudahan pengajuan pengaduan.

“Masukan dari pengguna layanan menjadi jalan untuk kita perbaiki agar dapat memenuhi standar penyelenggaraan pelayanan publik yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” tutupnya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *