PPN Kini Tersertifikasi Internasional Distribusi SAF

saranginews.com – JAKARTA – Pertamina Patra Niaga (PPN) telah tersertifikasi oleh International Aviation Carbon Offsetting and Reduction Scheme (CORSIA) dan Renewable Energy Directive-European Union (RED-EU) International Sustainability and Carbon Certification (ISCC).

Menurut Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya, pencapaian ini merupakan bukti transisi berkelanjutan menuju bahan bakar berkelanjutan.

Baca Juga: Pertama Kalinya Pertamina Patra Niaga SAF Raih Sertifikat Internasional di ASEAN

PPN berperan penting dalam menyediakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF) ke Asia Tenggara dan mengukuhkan posisinya sebagai pionir dalam industri penerbangan dengan tujuan mengurangi emisi karbon global.

“Dengan sertifikasi ini, Pertamina Patra Niaga menjadi produsen pertama di Asia Tenggara yang menjual SAF bersertifikat ISCC CORSIA,” kata Maya dalam keterangannya, Jumat (22/8).

Baca Juga: PPN Soroti Model Bisnis Non BBM di IFRA 2024

Sertifikat tersebut diserahkan oleh CEO PT Qualitas Cert Indonesia Rianza Prasetya kepada Direktur Pusat Pemasaran dan Penjualan PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya pada Senin di Jakarta.

Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina (Persero) Salyadi Saputra melaporkan.

BACA JUGA: PPN lakukan operasi bersih-bersih Sungai Ciliwung, kibarkan bendera setinggi 79 meter.

Konferensi yang diselenggarakan di grup Pertamina “Paving the Way to Clean Zero: HVO & SAF” mengusung tema “Driving Change Through Renewable Fuels”.

Maya mengatakan, sertifikat tersebut memungkinkan konsumen untuk mengklaim pengurangan emisi karbon dari produk SAF yang diproduksi oleh Pertamina.

“Dengan sertifikasi ISCC pada produk SAF Pertamina yang digunakan pada produk minyak goreng (UCO) dan HVO (Hydrotreated Nabati), konsumen dapat mengklaim pengurangan emisi karbon dari penggunaan bahan bakar tersebut,” ujarnya.

Aviation Fuel Terminal (AFT) Ngurah Rai di Bali dan Instalasi Aviation Fuel Terminal and Hydrant (SHAFTHI) Soekarno-Hatta di Jakarta menjadi stasiun pertama yang mendapat sertifikat ISCC CORSIA dan ISCC EU.

Karena lokasinya yang strategis, AFT Ngurah Rai siap mendukung Bali International Airshow 2024 yang diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan Pertamina SAF di pasar penerbangan internasional.

“Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus memimpin dalam inovasi dan keberlanjutan serta menjadi mitra penting bagi maskapai penerbangan dalam membangun masa depan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan,” kata Maya. (gir/jpnn)

Baca artikel lainnya… PPN memulai proyek untuk negara Anda, kami memberikan bantuan pendidikan di negara 3T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *