Merespons Putusan MK, Megawati Umumkan Calon Kepala Daerah Gelombang Kedua Besok, Ada Jakarta?

saranginews.com, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri akan mengumumkan 169 calon kepala daerah yang dicalonkan di Palkada bersamaan dengan tahun 2024.

Pengumuman akan dilakukan pada Kamis (22/8) pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Skenario Sempurna, Jokowi Gantikan Megawati Periode Depan

Bu Megawati akan mengumumkan kembali calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah gelombang kedua, kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristianto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

“Total ada 169 pasangan calon yang akan diumumkan. Nama-nama bakal pasangan calon dan rincian daerah pemilihannya akan diumumkan besok,” kata Hasto.

Baca Juga: Sembari menyampaikan pesan, Megawati mengungkap ada upaya menggagalkan perjuangan kemerdekaan. 

Sekjen PDIP tak menjelaskan apakah calon bakal calon Pilkada DKI Jakarta akan diumumkan atau tidak. Pertimbangan keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60 yang membolehkan PDIP mengusung calon.

Pengumuman pasangan calon yang diajukan PDIP menggunakan dasar Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60 yang dibacakan kemarin, lanjut Hasto.

Baca juga: Satgas dan Cabang Pembantu PDIP Ditanya, Megawati Pilih Upacara di Lanting Agung

Peraih doktor ilmu pertahanan ini mengatakan, sikap PDIP dilandasi tekad membangun demokrasi yang menempatkan kedaulatan tertinggi di tangan rakyat.

“Rakyat adalah hakim tertinggi dalam menentukan pemimpinnya melalui pemilu yang bebas, otonom, langsung dan bebas tekanan serta demokratis dengan penyelenggara pemilu yang profesional dan tidak memihak,” kata Hasto.

Oleh karena itu, PDIP menilai belum menemukan alasan kuat untuk tidak segera memasukkan pokok-pokok putusan Mahkamah Konstitusi ke dalam PKPU. termasuk Putusan Nomor 70 dimana Mahkamah Konstitusi mengatur syarat usia minimal yang harus dipenuhi kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk mendaftarkan diri sebagai calon.

Pria asal Yogyakarta ini mengatakan, seperti gelombang pertama, agenda pengumuman bakal calon kepala daerah gelombang kedua dilakukan secara hybrid.

“Yang hadir di kantor DPP PDIP merupakan perwakilan bakal calon dari beberapa provinsi/kabupaten/kota.

Baca artikel lainnya… Megawati mengungkapkan pesan utama deklarasi yang menekankan semangat kebebasan dan kemajuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *